Februari 3

Cara Mengetahui Berat Badan Ideal

Bagaimana cara mengetahui berat badan ideal? Banyak orang ingin tahu berapa berat yang ideal untuk ukuran tubuhnya, mungkin karena alasan kesehatan atau karena ingin memperindah penampilan. Jika Anda sedang ingin mendapatkan berat badan ideal, bacalah informasi artikel ini tentang berat badan ideal yang disarankan bagi pria maupun wanita.

Sebenarnya ada beberapa cara menentukan berat badan ideal menggunakan rumus-rumus penghitungan yang berbeda. Keterangan mengenai cara menghitung berat badan ideal menggunakan rumus-rumus tersebut dapat Anda baca di artikel ini: Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Mengetahui Berat Badan Ideal dengan Indeks Massa Tubuh

Dalam artikel ini kita akan berfokus pada cara mengetahui berat badan ideal berdasarkan penghitungan indeks massa tubuh (disingkat IMT). Penghitungan dengan IMT merupakan yang paling sering digunakan oleh orang-orang.

Cara menghitungnya sederhana, cukup dengan memakai rumus ini:

IMT = Berat Badan (kg) : [Tinggi Badan (m) x Tinggi Badan (m)]

Dengan rumus tersebut kita bisa mencari sendiri berapa berat badan yang normal untuk ukuran tinggi badan kita.

Sebagai contoh cara menentukan berat badan ideal wanita dengan berat badan 54 kg dan tinggi 160 cm. Cara penghitungannya adalah sebagai berikut:

  • Kalikan terlebih dulu angka tinggi badan dalam satuan meter: 1,6 x 1,6 = 2.56
  • Lalu bagi angka berat badan dengan hasil perkalian itu: 54 : 2.56 = 21 (dibulatkan)

Jadi diperoleh IMT dengan nilai 21 untuk ukuran wanita berat badan 54 kg dan tinggi 160 cm. Apa arti dari nilai IMT itu?

Perhatikan pembagian kategori berat badan berdasarkan IMT oleh Kementrian Kesehatan RI berikut:

  • IMT di bawah 18,5 = kekurangan berat badan
  • IMT 18,5 sampai 25,0 = normal atau ideal
  • IMT 25,1 sampai 27,0 = kelebihan berat badan
  • IMT di atas 27 = obesitas

Dari kategori di atas terlihat bahwa nilai IMT 21 tergolong sebagai normal atau ideal. Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa 54 kg termasuk berat badan ideal wanita dengan tinggi 160 cm.

Nah sekarang Anda bisa mencoba mencari tahu sendiri berapa berat badan Anda yang ideal memakai rumus IMT yang sederhana. Rumus IMT ini dapat digunakan sebagai cara menentukan berat badan ideal wanita maupun pria.

Tabel Berat Badan Ideal yang Disarankan Kemenkes RI

Jika Anda malas menghitung dengan rumus IMT di atas, Anda bisa coba melihat tabel berat badan berikut yang diberikan oleh Kementrian Kesehatan RI.

Tabel Berat Badan Ideal Pria

Tabel Berat Badan Ideal Wanita

Berdasarkan info di artikel ini, apakah berat badan yang Anda miliki sekarang sudah tergolong ideal? Jika sudah, selamat! Yang perlu dilakukan adalah mempertahankan berat badan Anda agar tetap ideal.

Jika belum, tentang saja. Anda bisa melakukan perubahan-perubahan pola hidup yang diperlukan untuk mendapatkan berat badan sesuai yang disarankan. Perubahan-perubahan ini mungkin termasuk mengubah pola makan, memperbanyak kegiatan fisik, dan mengurangi camilan.

Demikianlah artikel ini yang mengupas tentang cara mengetahui berat badan ideal pria maupun wanita. Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda? Jika ya, jangan lupa tekan tombol “subscribe” untuk membaca informasi kecantikan & kesehatan terbaru.

Sumber Referensi:

Kementrian Kesehatan RI. Apakah berat badan Anda sudah ideal ? Berikut ini Tabel Berat Badan yang Disarankan untuk Pria. URL: http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/obesitas/apakah-berat-badan-anda-sudah-ideal-berikut-ini-tabel-berat-badan-yang-disarankan-untuk-pria

Kementrian Kesehatan RI. Apakah berat badan Anda sudah ideal ? Berikut ini Tabel Berat Badan yang Disarankan untuk Wanita. URL: http://www.p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/obesitas/page/26/apakah-berat-badan-anda-sudah-ideal-berikut-ini-tabel-berat-badan-yang-disarankan-untuk-wanita


Ingin tahu informasi menarik lainnya?

Dapatkan update artikel-artikel kami tentang kecantikan langsung ke email Anda.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>