Maret 2

Cara Mengatasi Wajah Berminyak Menurut Dermatolog

Rambut, bibir, dan kuku yang berkilau kelihatan lebih menarik. Tapi kalau wajah berkilau, ada dua hal yang mungkin terjadi. Kalau kilaunya disengaja dan di lokasi yang strategis, itu bisa menonjolkan tulang pipi. Tapi kalau kilaunya ada di berbagai bagian wajah dan tak terkontrol, itu kemungkinan karena masalah wajah berminyak. Bukan hanya tidak menarik, wajah berminyak dapat menimbulkan masalah, termasuk jerawatan. Apa Anda mengalaminya? Bagaimana cara mengatasi wajah berminyak?

Kelebihan minyak di berbagai bagian kulit wajah disebabkan oleh kelenjar minyak di kulit yang menghasilkan terlalu banyak sebum. Aktivitas kelenjar ini bisa berubah-ubah tergantung pada hormon, produk kulit yang digunakan, dan masalah kulit seperti jerawat. Selain itu kondisi lingkungan, seperti iklim dingin, kering, atau lembap, juga dapat memengaruhi jumlah sebum di kulit.

Beruntung ada banyak hal yang bisa diupayakan untuk cara mengatasi wajah berminyak. Teruslah membaca artikel ini sampai habis untuk mengetahui tips-tipsnya yang disarankan oleh para dermatolog.

10 Cara Mengatasi Wajah Berminyak Menurut Dermatolog

Tidak selamanya minyak di wajah itu jahat. Meski dapat menyumbat pori-pori dan memicu jerawat, minyak atau sebum di kulit sebenarnya punya banyak manfaat. Itu membantu menjaga kelembapan kulit serta membantu mengurangi garis-garis halus dan kerutan di kulit.

Jadi Anda tidak perlu sama sekali menghilangkan wajah berminyak, kuncinya adalah mengontrol keseimbangannya agar tidak berlebihan dan juga tidak berkekurangan. Berikut tips dari para dermatolog untuk cara mengurangi wajah berminyak berlebihan:

  1. 1
    Selalu cuci muka setiap pagi, malam, dan setelah olahraga. Saat cuci muka, jangan gosok kulit dengan scrub, meski tujuannya untuk menghapus make up. Menggosok akan mengiritasi kulit, yang justru memperburuk keadaan.
  2. 2
    Pilih produk perawatan kulit yang berlabel “oil free” dan “non-comedogenic”. Kedua label itu berarti produk tersebut (entah itu cleanser, moisturizer, dan make up) tidak akan menyumbat pori-pori atau menyebabkan jerawat.
  3. 3
    Gunakan sabun muka yang berbahan lembut dan berbusa. Banyak yang merasa bahwa mereka perlu menggunakan sabun yang berbahan keras untuk kulit berminyak untuk mengeringkan kulit. Tapi sebenarnya sabun yang terlalu keras dapat mengiritasi kulit dan memicu lebih banyak produksi minyak.
  4. 4
    Jangan gunakan sabun atau cleanser berbahan dasar minyak (oil-based) atau alkohol (alcohol-based). Keduanya dapat mengiritasi kulit.
  5. 5
    Selalu gunakan pelembap kulit setiap hari. Meski punya tipe kulit berminyak, Anda tetap harus menjaganya tetap lembap. Untuk Anda yang sering keluar ruangan, pakailah pelembap (moisturizer) yang dilengkapi sunscreen berspektrum luas dengan SPF 30 atau lebih.
  6. 6
    Selalu pakai sunscreen jika keluar ruangan. Suncreen membantu mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari yang juga mencegah kerutan, bintik-bintik penuaan, dan bahkan kanker kulit. Untuk mencegah jerawat, pakailah sunscreen yang mengandung zinc oxide dan titanium dioxide, dan jangan pakai yang mengandung wewangian atau minyak.
  7. 7
    Selalu pakai make up yang berlabel tanpa minyak (oil free) dan berbahan dasar air (water-based).
  8. 8
    Jangan lupa bersihkan make up sampai bersih sebelum tidur.
  9. 9
    Gunakan kertas minyak (kertas blotting) sepanjang hari. Caranya cukup tekan pelan kertas ke wajah dan diamkan beberapa detik sampai menyerap minyak. Jangan gosok kertas ke wajah karena justru bisa menyebar minyak ke area kulit lain.
  10. 10
    Jangan sentuh wajah. Menyentuhnya akan menyebarkan kotoran, minyak, dan kuman dari tangan ke wajah. Hanya sentuh wajah saat membersihkan, melembapkan, atau mengoleskan sunscreen atau make up, tapi pastikan tangan benar-benar bersih.

Kulit setiap orang berbeda-beda, dan tidak ada cara merawat wajah berminyak yang selalu efektif untuk setiap orang. Jika Anda khawatir dengan masalah kulit berminyak Anda atau jika Anda kesulitan menghilangkan komedo atau jerawat, mungkin ada baiknya berkonsultasi dengan dermatolog (dokter kulit).

Infografis 5 Cara Mengatasi Wajah Berminyak Menurut Dermatolog

Cara Mengatasi Wajah Berminyak dengan Bahan-Bahan Alami

Wajah yang berminyak berlebihan memang bisa sulit diatasi. Tetapi dengan bantuan bahan-bahan alami yang tepat, Anda bisa secara efektif mengurangi atau bahkan menghilangkan minyak berlebihan dari wajah. Jadi di samping mengikuti 10 saran dari para dermatolog di atas, Anda juga bisa mencoba cara alami di bawah ini.

Madu

Madu punya manfaat anti-bakteri dan antiseptik, yang bagus untuk kulit berminyak dan berjerawat. Madu juga bersifat humektan alami yang dapat menjaga kelembapan kulit tanpa membuatnya berminyak. Berikut cara merawat wajah berminyak berlebih menggunakan madu:

  • Oleskan tipis-tipis madu murni ke wajah.
  • Diamkan selama kurang-lebih 10 menit.
  • Bilas sampai bersih dengan air hangat.

Oatmeal

Oatmeal bermanfaat untuk menenangkan kulit, menyerap kelebihan sebum, serta mengelupas kulit yang sudah mati. Berikut cara menghilangkan wajah berminyak berlebih dengan oatmeal:

  • Campurkan ½ gelas oatmeal yang sudah digiling dengan air panas.
  • Tuangkan 1 sendok makan madu dan aduk sampai rata.
  • Pijatkan oatmeal ke wajah selama sekitar 3 menit.
  • Bilas dengan air hangat dan keringkan wajah.

Putih Telur dan Lemon

Putih telur dan lemon adalah obat tradisional untuk kulit. Keduanya dipercaya dapat mengencangkan pori-pori. Lemon mengandung asam yang dapat menyerap sebum serta memiliki anti-bakteri yang dapat membantu mengatasi jerawat. Berikut cara mengurangi wajah berminyak dengan putih telur dan lemon:

  • Campur 1 putih telur dan 1 sendok teh air perasan lemon segar.
  • Oleskan ke wajah, dan diamkan sampai kering.
  • Bilas dengan air hangat dan keringkan wajah.

Lidah Buaya

Lidah buaya baik untuk membantu mengatasi masalah kulit bersisik yang disebabkan oleh bercak berminyak di kulit. Banyak orang juga sudah menggunakan lidah buaya untuk merawat kulit berminyak mereka. Berikut cara mengatasi wajah berminyak dengan lidah buaya:

  • Oleskan tipis lidah buaya ke wajah sebelum tidur.
  • Bilas di pagi hari sampai bersih.

*Pengingat: Karena lidah buaya dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit sensitif, jadi uji dahulu sedikit lidah buaya di lengan bawah Anda. Tunggu 24 – 48 jam, jika tidak ada reaksi alergi, berarti kulit Anda aman untuk menggunakannya.

Tomat

Tomat mengandung asam salisilat, yang merupakan bahan umum untuk obat jerawat. Asam dalam tomat juga membantu menyerap minyak berlebih di kulit dan membuka sumbatan pori-pori. Berikut cara menghilangkan wajah berminyak berlebih dengan tomat:

  • Campur 1 sendok teh gula pasir dengan 1 buah tomat yang sudah dihaluskan.
  • Oleskan ke wajah dengan gerakan melingkar.
  • Diamkan selama 5 menit.
  • Bilas dengan air hangat dan keringkan wajah.

Ingatlah bahwa setiap orang punya kondisi kulit yang berbeda-beda. Jadi apa yang baik bagi orang lain, belum tentu baik juga bagi Anda. Apabila Anda sudah mencoba saran-saran yang ditulis di artikel ini tetapi belum juga berhasil, mungkin ada baiknya berkonsultasi dengan seorang dermatolog (dokter kulit).

Dermatolog bisa membantu Anda memastikan kondisi kulit Anda dan masalah apa yang sedang terjadi. Dengan begitu ia bisa memberikan rekomendasi perawatan terbaik yang sesuai kulit Anda.

Demikianlah artikel ini yang mengupas cara mengatasi wajah berminyak. Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda? Jika ya, jangan lupa tekan tombol “subscribe” untuk cepat mendapat update artikel terbaru seputar kecantikan.

Sumber Referensi:

American Academy of Dermatology Association. HOW TO CONTROL OILY SKIN. URL: https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-basics/dry/oily-skin

Healthline. 10 Home Remedies for Oily Skin. URL: https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-oily-skin


Ingin tahu informasi menarik lainnya?

Dapatkan update artikel-artikel kami tentang kecantikan langsung ke email Anda.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>