Februari 3

4 Cara Menghilangkan Jerawat secara Alami

Wajah yang berjerawat pasti membuat kepercayaan diri berkurang. Apakah Anda punya tipe wajah yang mudah tumbuh jerawat? Tenang saja, ada banyak pilihan bahan yang bisa digunakan untuk cara menghilangkan jerawat dengan cepat dan secara alami.

Dalam artikel ini akan dikupas empat bahan sederhana yang dapat dijadikan obat jerawat alami. Anda bisa menghilangkan jerawat dengan cepat tanpa perlu mengeluarkan biaya. Dan Anda bisa melakukannya di rumah kapan saja.

Teh Hijau

Teh hijau ternyata juga bisa bermanfaat untuk dioleskan langsung ke kulit. Teh hijau mengandung flavonoid dan tanin, yang dikenal dapat membantu melawan peradangan dan bakteri penyebab jerawat.

Juga mengandung antioksidan EGCG (epigallocatechin-3-gallate) tingkat tinggi, yang terbukti melawan peradangan, mengurangi produksi sebum, dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat pada orang yang punya kulit rawan jerawat.

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa orang berjerawat yang memakai ekstrak teh hijau (2-3%) ke kulit mereka berkurang produksi sebum-nya dan jerawatnya menjadi jauh lebih sedikit.

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Teh Hijau

  • Seduh teh hijau dalam air yang sudah dimasak mendidih selama 3-4 menit.
  • Biarkan sampai teh menjadi dingin.
  • Celupkan bola kapas ke dalamnya dan oleskan kapas itu ke wajah, atau masukkan teh ke dalam botol semprot lalu semprotkan ke wajah.
  • Biarkan selama 10 menit atau semalaman, lalu bilas wajah dengan air.
  • Lakukan 1-2 kali sehari, atau sesuai kebutuhan.
  • Teh hijau yang belum terpakai dapat disimpan di lemari es hingga 2 minggu.

Minyak Tea Tree

Minyak tea tree adalah bahan anti-bakteri dan anti-inflamasi alami, yang berarti dapat membunuh bakteri penyebab jerawat (P. ances).

Sifat anti-inflamasi minyak ini juga dapat mengurangi pembengkakan dan kemerahan pada jerawat.

Sebuah penelitian tahun 2015 meninjau bukti mengenai manfaat minyak ini untuk obat jerawat alami. Para peneliti mendapati bahwa produk minyak tea tree oil bisa mengurangi luka jerawat pada orang yang berjerawat ringan hingga sedang.

Penelitian ini menunjukkan bahwa minyak tea tree oil dapat bekerja sama baiknya dengan 5 persen benzoyl peroxide, yang umum digunakan sebagai obat jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Minyak Tea Tree

  • Campurkan 1 tetes minyak tea tree oil dengan 1 sendok teh minyak pembawa (minyak kelapa, minyak zaitun, minyak jojoba, dsb).
  • Celupkan kapas ke dalam campuran dan oleskan kapas itu langsung ke jerawat.
  • Lalu jika ingin oleskan juga pelembap.
  • Lakukan ini 1-2 kali sehari, atau sesuai kebutuhan.

Minyak Esensial

Selain minyak tea tree, ada banyak pilihan minyak esensial lain yang punya sifat anti-bakteri dan anti inflamasi untuk dengan cepat menghilangkan jerawat secara alami.

Penelitian ilmiah mendapati bahwa minyak esensial dari kayu manis, mawar, lavender, dan cengkih bermanfaat untuk melawan bakteri penyebab jerawat (P. acnes dan S. epidermidis). Rosemary dan lemongrass juga terbukti menghambat bakteri P. acnes.

Penelitian lain membandingkan kemampuan melawan jerawat dari minyak campuran cengkih-selasih, 10% benzoyl peroxide, dan obat plasebo. Baik minyak cengkih-selasih(2% dan 5%) didapati lebih efektif dan lebih cepat dalam mengurangi jerawat daripada benzoyl peroxide.

Kemudian bukti dari penelitian lain menunjukkan bahwa gel yang mengandung asam asetat, jeruk, dan minyak esensial dari selasih (jenis sweet basil) menghasilkan 75%  peningkatan pada penyembuhan jerawat.

Seperti minyak tea tree, minyak esensial ini sangat pekat dan dapat menyebabkan iritasi kalau langsung dioleskan ke kulit. Pastikan untuk mengencerkan semua minyak esensial dengan minyak pembawa, dan hentikan pemakaian jika terjadi iritasi.

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Minyak Esensial

  • Campurkan 10 tetes minyak esensial pilihan Anda dengan 30 ml minyak pembawa (minyak kelapa, minyak zaitun, minyak jojoba, dsb).
  • Celupkan bola kapas ke dalamnya dan oleskan kapas itu langsung ke jerawat.
  • Lalu jika ingin oleskan juga pelembap.
  • Lakukan ini 1-2 kali sehari, atau sesuai kebutuhan.

Lidah Buaya

Lidah buaya juga adalah bahan alami anti-bakteri dan anti-inflasami, yang dapat membantu mengurangi jerawat dan mencegah timbulnya jerawat.

Karena mengandung banyak air, lidah buaya cocok digunakan sebagai pelembap untuk orang yang mengalami kulit kering akibat pengggunaan obat jerawat lainnya.

Dalam sebuah penelitian tahun 2014, pemilik jerawat ringan hingga sedang yang memakai gel lidah buaya dan krim tretinoin (obat jerawat umum) mengalami perbaikan yang signifikan pada jerawat mereka. Hasil yang mereka dapat lebih baik daripada kelompok orang yang hanya memakai krim tretinoin.

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Lidah Buaya

  • Kikis bagian gel dari daun lidah buaya dengan sendok.
  • Oieskan gel itu ke kulit saat Anda memakai perawatan obat jerawat lainnya. Anda bisa mencampurkannya atau mengoleskan perawatan jerawat lain dulu kemudian menambahkan gel lidah buaya di atasnya.
  • Ulangi 1-2 kali sehari, atau sesuai kebutuhan.
  • Bisa juga menggunakan gel lidah buaya yang sudah dikemas, tetapi pastikan itu terbuat dari lidah buaya murni tanpa bahan tambahan.

Cara manakah yang ingin Anda pakai? Apapun cara yang Anda pakai, ingatlah untuk tetap menjaga kebersihan wajah dengan baik. Ini dilakukan dengan rajin mencuci muka, setidaknya 2 kali sehari di pagi hari dan malam sebelum tidur. Dan jangan tergoda untuk menyentuh jerawat, karena itu bisa menyebabkan iritasi dan memperparah jerawat.

Bagaimana jika cara menghilangkan jerawat secara alami tidak cukup membantu? Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan seorang dokter kulit. Ia bisa merekomendasikan obat jerawat yang tepat untuk masalah kulit Anda.

Demikianlah artikel ini yang mengupas tentang cara menghilangkan jerawat secara alami. Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda? Jika ya, jangan lupa untuk tekan tombol “subscribe” untuk membaca informasi kecantikan & kesehatan terbaru.

Sumber Referensi:

Healthline. 4 Natural Ways to Get Rid of Pimples as Fast as Possible. URL: https://www.healthline.com/nutrition/get-rid-of-pimples-fast

Healthline. 13 Powerful Home Remedies for Acne. URL: https://www.healthline.com/nutrition/13-acne-remedies

Medical News Today. Fifteen home remedies for acne. URL: https://www.medicalnewstoday.com/articles/322455


Ingin tahu informasi menarik lainnya?

Dapatkan update artikel-artikel kami tentang kecantikan langsung ke email Anda.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>