Maret 3

Cara Menurunkan Berat Badan dalam Seminggu

Apakah Anda dalam situasi dimana Anda perlu pakai baju tertentu yang ukurannya agak sempit untuk acara dalam waktu dekat? Anda mungkin mau melakukan apapun supaya bisa cepat menurunkan berat badan. Namun sebaiknya tetap lakukan dalam batas yang wajar dan sehat. Untuk membantu Anda, bacalah artikel ini yang membahas cara menurunkan berat badan dalam seminggu.

Para pakar kesehatan biasanya tidak menganjurkan untuk mencoba menurunkan berat badan dalam jumlah banyak dalam 1 minggu. Tapi jika Anda serius ingin menghilangkan beberapa kilogram di waktu yang terbatas, Anda bisa mencoba dua langkah aman di bawah ini.

Dua Langkah Cara Menurunkan Berat Badan dalam Seminggu

Dua langkah ini sederhana tapi butuh ketekunan. Hanya bermodalkan ketekunan, Anda tidak perlu mengandalkan obat atau suplemen penurun berat badan, apalagi program olahraga yang belum tentu aman.

Langkah 1: Ubah Menu Makanan

Kalau Anda hanya punya 1 minggu untuk menurunkan berat badan, tidak perlu sampai menghitung kalori dan nutrisi dalam makanan. Itu lebih cocok dilakukan untuk program jangka panjang. Sebaliknya, lakukan langkah sederhana dengan menghindari beberapa jenis makanan berikut selama 1 minggu:

  • Kue, roti, biskuit, dan sejenisnya. Selama 1 minggu penuh, hindari semua jenis makanan ini. Ini berarti Anda tidak akan makan kue, biskuit, roti, atau cake. Kalau tidak bisa tahan keinginan untuk memakan sesuatu yang manis, cobalah makan buah segar yang manis.
  • Makanan yang digoreng. Makanan yang digoreng tinggi kandungan kalori dan garam. Jadi hindari makan ikan, ayam, atau daging yang diolah dengan cara digoreng. Itu juga berarti Anda tidak akan makan chicken nugget, kentang goreng, keripik kentang, sayuran yang digoreng, dsb.
  • Saus dan selai. Saus dan selai meningkatkan asupan kalori, bisa sampai ratusan kalori. Dan sering kali mengandung banyak garam, yang dapat memperlambat program menurunkan berat badan dalam 1 minggu ini. Sebenarnya Anda bisa dengan mudah makan tanpa tambahan saus dan selai kalau sudah terbiasa.
  • Minuman berkalori tinggi. Sebaiknya hanya minum air putih selama 1 minggu ini, dan hindari minum jus, teh manis, kopi manis, soda, minuman beralkohol, dsb. Jika tidak suka rasa air putih biasa, Anda bisa menambahkan irisan atau air perasan lemon segar ke dalamnya (bisa juga buah lain).

Langkah 2: Lebih Banyak Bergerak

Cara menurunkan berat badan dalam seminggu tidak akan efektif kalau Anda tidak banyak bergerak. Tapi Anda perlu berhati-hati dengan program olahraga yang berat, karena itu bisa berbahaya dan melukai diri Anda jika belum pernah melakukannya.

Bagi Anda yang tidak terbiasa berolahraga, disarankan untuk melakukan olahraga fisik secara bertahap. Tingkatkan aktivitas Anda setahap demi setahap. Olahraga juga bagus untuk mengatasi stres dan memperbaiki kualitas tidur, yang turut berguna untuk program menurunkan berat badan dalam 1 minggu ini.

Bagi Anda yang sudah rutin olahraga, teruskanlah olahraga yang biasa Anda lakukan dan tambahkan 10.000 langkah kaki per hari. Jika Anda tidak olahraga sama sekali, tambahkan 10.000 langkah ke dalam rutinitas harian Anda. Anda bisa mengunduh aplikasi pengukur langkah harian di smartphone.

Untuk memperbanyak langkah Anda, cobalah untuk menggunakan waktu istirahat kerja untuk berjalan-jalan di sekitar. Jika memungkinkan, Anda juga bisa mengambil waktu istirahat setiap jam untuk berjalan-jalan sebentar.

Anda juga bisa berjalan-jalan lebih lama di pagi hari, saat istirahat makan siang, dan setelah makan malam atau sebelum tidur. Jika Anda berjalan selama 30 menit atau lebih, Anda bisa dengan mudah mencapai target langkah Anda.

Olahraga yang Cepat Menurunkan Berat Badan dalam Seminggu

Sudah dibahas bahwa menambah lebih banyak langkah kaki per hari membantu program penurunan berat badan 1 minggu ini. Jika memungkinkan, Anda juga bisa melakukan olaharga tertentu untuk semakin cepat mengurangi bobot badan. Berikut tiga jenis olahraga yang cepat menurunkan berat badan dalam seminggu.

Jogging atau Lari

Jogging dan berlari ampuh untuk membakar kalori. Penelitian juga menunjukkan bahwa dua olahraga ini membantu membakar lemak perut yang berbahaya bagi kesehatan. Targetkan untuk jogging atau berlari selama 20 – 30 menit, 3 – 4 kali dalam 1 minggu.

Bersepeda

Bersepeda juga sangat baik untuk membakar kalori. Dan bukan hanya bagus untuk mengurangi berat badan, bersepeda juga bagus untuk meningkatkan kebugaran serta mengurangi risiko penyakit diabetes, jantung, hingga kanker. Selain olahraga yang cepat menurunkan berat badan dalam seminggu, bersepeda juga membuat Anda jauh dari penyakit berbahaya.

Berenang

Berenang adalah cara yang menyenangkan untuk mengurangi berat badan. Jika Anda bisa, berenang lah dengan gaya kupu-kupu karena gaya itu yang membakar paling banyak kalori (409 kalori per 30 menit). Jika tidak, berenang lah dengan gaya apa pun yang Anda bisa. Bahkan gerakan menginjak-injak air (treading water) pun juga dapat membakar 372 kalori per 30 menit.

Selain menyenangkan, olahraga air juga punya kelebihan lain. Karena dilakukan di dalam air, berenang tidak menimbulkan banyak dampak bagi persendian Anda. Itu artinya olahraga ini bagus bagi Anda yang mengalami cedera atau nyeri di persendian.

Dengan mengikuti cara menurunkan berat badan dalam seminggu ini, Anda mungkin akan mendapat hasil yang diinginkan. Tapi ingatlah bahwa para pakar menganggap bahwa penurunan yang wajar dan sehat itu hanya 1 kg per minggu. Jadi, kecuali Anda membuat perubahan permanan pada gaya hidup, program penurunan berat badan dengan cepat apapun tidak akan bertahan lama.

Jika Anda siap menurunkan berat badan dan mempertahankannya untuk jangka panjang, luangkan waktu untuk membuat rencana yang matang untuk mendapat dan menjaga berat badan ideal dalam waktu lama.

Demikianlah artikel ini yang mengupas cara menurunkan berat badan dalam 1 minggu. Apakah informasi ini berguna bagi Anda? Jika ya, jangan lupa tekan tombol “subscribe” untuk mendapat update artikel-artikel menarik tentang kecantikan lainnya.

Sumber Referensi:

Verywell Fit. How to Effectively Lose Weight in a Week. URL: https://www.verywellfit.com/how-to-lose-weight-in-a-week-3495746

Healthline. The 8 Best Exercises for Weight Loss. URL: https://www.healthline.com/nutrition/best-exercise-for-weight-loss


Ingin tahu informasi menarik lainnya?

Dapatkan update artikel-artikel kami tentang kecantikan langsung ke email Anda.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>