Maret 23

6 Olahraga Terbaik untuk Cepat Menurunkan Berat Badan

Jika Anda sedang berupaya untuk memiliki tubuh yang langsing, kemungkinan Anda ingin olahraga yang bisa dengan cepat menurunkan berat badan. Ada kabar baik bagi Anda. Penelitian menunjukkan bahwa kita tidak perlu berlama-lama olahraga di gym; olahraga yang singkat ternyata lebih efektif untuk menghilangkan lemak. Tapi jenis olahraga apa yang paling banyak membakar kalori?

Memang tidak dipungkiri bahwa olahraga kardio, misalnya lari dan jalan cepat, akan membakar lebih banyak kalori daripada kebanyakan olahraga lainnya. Tetapi untuk menurunkan berat badan tidak cukup hanya kardio, itu juga harus ditambah latihan kekuatan.

Jadi jika Anda selama ini sudah rajin olahraga kardio tapi hasilnya tidak banyak, mungkin Anda kurang melakukan olahraga latihan kekuatan yang bisa membangun otot. Kenapa? Otot aktif secara metabolik, artinya mereka membakar kalori bahkan saat Anda sedang istirahat.

Satu cara untuk menggabungkan kardio dan latihan kekuatan dalam olahraga Anda adalah dengan interval training (latihan interval).

Manfaat Olahraga Interval Training untuk Menurunkan Berat Badan

Berolahraga dalam interval adalah satu cara untuk memperoleh manfaat dari kardio dan latihan kekuatan, sekaligus memaksimalkan pembakaran kalori dalam waktu singkat. Interval training dilakukan dengan pergantian antara gerakan olahraga yang berat dan istirahat, masing-masing dalam waktu singkat.

Untuk membantu Anda menemukan jenis olaharaga menurunkan berat badan yang tepat bagi Anda, berikut adalah beberapa olahraga terbaik yang bisa dipilih. Jika Anda berolahraga dalam interval, lakukanlah olahraga itu selama 30 detik setiap menit dan istirahatlah selama sisa 30 detiknya.

Seiring waktu Anda bisa menaikkan waktunya menjadi 45 detik olahraga dan 15 detik istirahat dalam setiap menit. Ingatlah Anda ingin berolahraga semaksimal mungkin, sampai membuat Anda kehabisan napas di akhir interval itu.

Lari

Lari adalah salah satu cara terbaik dan termudah untuk membakar kalori. Yang Anda butuhkan hanya sepatu dan tempat untuk lari. Lari juga adalah olahraga menurunkan berat badan yang bisa dilakukan di rumah jika Anda punya treadmill.

Berlarilah dalam interval—percepat lari Anda lalu perlambat lari, dalam setiap menit—akan membuat menit demi menit berlalu lebih cepat.

Penting juga untuk memvariasikan lari Anda. Kalau Anda melakukan olahraga yang sama minggu demi minggu, tubuh Anda akan jadi terbiasa dan tidak lagi membakar kalori sebanyak awalnya.

Variasikan kecepatan lari, lakukan beberapa semburan lari yang lebih cepat, juga gabungkan jenis lari yang Anda lakukan. Dengan begitu ini akan efektif menjadi olahraga menurunkan berat badan dalam 1 minggu.

Lompat Tali

Lompat tali adalah olahraga menurunkan berat badan yang bisa dilakukan di rumah. Ini termasuk olahraga yang bisa dengan cepat bikin langsing karena dapat membakar sampai 318 kalori setiap 30 menit.

Olahraga ini menggerakkan seluruh tubuh Anda. Otot paha dan bokong akan bekerja untuk membantu melompat, dan otot perut akan bekerja untuk menjaga posisi tetap tegak dan stabil saat Anda mendarat.

Lompat tali juga melibatkan sedikit gerakan lengan dan bahu, karena keduanya harus menjaga gerakan tali yang berasal dari pergelangan tangan.

Latihan Kekuatan

Latihan kekuatan membantu Anda untuk membangun massa otot dan meningkatkan metabolisme, yang mulai melambat begitu mencapai usia 30-an. Semakin banyak otot yang Anda miliki, semakin sedikit lemak yang Anda miliki jika metabolisme Anda berjalan lebih cepat.

Metabolisme yang lebih cepat menyebabkan lebih banyak kalori yang terbakar dan lebih banyak lemak yang hilang.

Latihan kekuatan juga membantu mencegah osteoporosis. Tulang secara alami akan tumbuh sebagai respons terhadap tekanan yang ditempatkan di atasnya. Jadi jika Anda mengangkat lebih berat, tulang Anda tumbuh lebih kuat sebagai responsnya.

Karena itu latihan kekuatan pada bahu, pinggul, dan tulang belakang memungkinan seluruh tubuh Anda menjadi lebih sehat hingga bertahun-tahun ke depan.

High Intensity Interval Training

High intensity interval training (disingkat HITT) sejauh ini adalah salah satu cara paling efektif untuk membakar kalori dan meningkatkan metabolisme. Banyak orang melakukan HIIT sebagai bagian rencana olahraga menurunkan berat badan dalam 1 minggu.

Dan olahraga ini hanya butuh waktu singkat. Beberapa jenis HITT hanya berlangsung 10 menit, tapi harus sampai mendorong tubuh ke batasnya dengan energi habis-habisan.

Penelitian menunjukkan bahwa HIIT dapat membantu membakar lemak perut, yang adalah jenis lemak terburuk yang membuat Anda berisiko terkena penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya.

Berenang

Berenang adalah pilihan tepat bagi Anda yang tidak suka berolahraga sampai berkeringat habis-habisan.  Olahraga ini menggabungkan kardio dan latihan kekuatan dalam satu olahraga yang menyenangkan.

Air memperlambat gerakan Anda, sehingga memaksa Anda untuk menggunakan lebih banyak kekuatan otot untuk bergerak secara efisien dan menggunakan oksigen dengan secukupnya.

Anda juga harus menggunakan lengan, kaki, dan perut untuk membantu tetap mengapung, sehingga berenang merupakan olahraga seluruh tubuh yang bagus untuk membangun kekuatan dan daya tahan.

Bersepeda

Bersepeda adalah olahraga yang semakin populer belakangan ini. Diperkirakan bahwa seseorang dengan berat badan 70 kg dapat membakar sekitar 298 kalori setiap 30 menit bersepeda dengan kecepatan sedang (19 – 22,4 km/h). Karena itu bersepeda bagus untuk olahraga menurunkan berat badan dalam 1 minggu.

Bukan hanya bagus untuk bikin langsung dalam waktu cepat, penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang rutin bersepeda punya kebugaran yang lebih baik, risiko diabetes, penyakit jantung, serta kanker yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak rutin bersepeda.

Olahraga ini juga aman dilakukan oleh orang-orang termasuk oleh yang jarang olahraga. Dan mirip seperti berenang, bersepeda juga termasuk olahraga yang berdampak rendah, jadi aman bagi persendian Anda.

Jika Anda punya sepeda statis (stationary bike), Anda bisa melakukan olahraga menurunkan berat badan ini di rumah. Manfaat pembakaran kalorinya sama dengan bersepeda di luar.

Inforgrafis 6 Olahraga Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan

Demikianlah 6 jenis olahraga terbaik yang bisa cepat membuat Anda langsing. Kuncinya adalah konsisten, jadi buatlah jadwal yang tetap untuk waktu berolahraga.

Ingat juga untuk menjaga konsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang, serta tidak berlebihan. Sebab berat badan baru akan turun jika Anda membakar kalori lebih banyak daripada yang Anda konsumsi.

Dan jangan lupa untuk cukup tidur. Seseorang yang kurang tidur biasanya lebih sulit untuk turun berat badannya dan lebih sulit untuk menjaga pola makan yang sehat.

Demikianlah artikel ini yang mengupas tentang 6 olahraga menurunkan berat badan. Apakah informasi ini berguna bagi Anda? Jika ya, jangan lupa tekan “subscribe” untuk cepat mendapat update artikel-artikel kecantikan kami langsung ke email Anda.

Sumber Referensi

Healthline. The 8 Best Exercises for Weight Loss. URL: https://www.healthline.com/nutrition/best-exercise-for-weight-loss

Prevention.com. 11 Best Exercises for Weight Loss in 2020, According to Experts and Research. URL: https://www.prevention.com/weight-loss/a20474562/best-weight-loss-exercises/


Ingin tahu informasi menarik lainnya?

Dapatkan update artikel-artikel kami tentang kecantikan langsung ke email Anda.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>