Februari 3

Berat Badan Ideal sesuai Tinggi

Apakah Anda sedang dalam program menurunkan berat badan demi mencapai bentuk tubuh yang ideal? Sudah tahukah berapa berat badan ideal sesuai tinggi Anda? Mengetahui tinggi dan berat badan ideal penting agar Anda punya target yang tepat, sebab setiap orang punya ukuran yang berbeda-beda.

Jika Anda belum tahu berapa berat badan ideal yang sesuai tinggi Anda, simaklah artikel ini yang membahas cara menghitung berat badan ideal tinggi 150, 155, 160, 165, dan 170 cm.

Cara Menghitung Tinggi dan Berat Badan Ideal

Menghitung berat badan dengan membandingkannya dengan tinggi badan merupakan salah satu cara utama untuk mengetahui berat badan yang seharusnya Anda targetkan. Dalam artikel ini akan digunakan rumus yang sepadan dengan rumus IMT (indeks massa tubuh), yang bisa diterapkan pada pria maupun wanita.

Rumus IMT umum dipakai untuk mengukur berat badan ideal. Biasanya orang-orang menggunakan rumus ini untuk menghitung nilai indeks massa tubuh mereka apakah sudah ideal atau belum. Tetapi kali ini kita akan menggunakan rumus yang sepadan untuk menghitung berapa kisaran berat badan ideal yang harus Anda targetkan sesuai tinggi badan Anda.

Ini adalah rumus dasar untuk mendapat nilai indeks massa tubuh: IMT = Berat Badan (kg) : [Tinggi Badan (m) x Tinggi Badan (m)]

Menggunakan rumus itu kita bisa mencari rumus yang sepadan untuk menghitung tinggi dan berat badan ideal. Berikut adalah rumus yang sepadan untuk menghitung berat badan ideal sesuai IMT:

Rumus Berat Badan Ideal sesuai IMT

Berat Badan Ideal (kg) = Nilai IMT ideal x [Tinggi Badan (m) x Tinggi Badan (m)]

Dari mana kita bisa tahu nilai IMT yang ideal? Kementrian Kesehatan RI memberikan panduan untuk kategori berat badan berdasarkan IMT di Indonesia.

Kategori Berat Badan berdasarkan IMT untuk Orang Indonesia

  • Nilai IMT di atas 27 = obesitas (sangat kelebihan berat badan)
  • Nilai IMT 25,1 hingga 27,0 = kelebihan berat badan
  • Nilai IMT 18,5 hingga 25,0 = normal atau ideal
  • Nilai IMT di bawah 18,5 = kekurangan berat badan

Dari kategori tersebut kita sekarang sudah tahu bahwa nilai IMT yang ideal (atau normal) berada di kisaran 18,5 hingga 25,0. Kemudian kita gunakan kisaran tersebut untuk menghitung tinggi dan berat badan ideal menggunakan rumus berat badan ideal.

Berat Badan Ideal untuk Tinggi 150 – 170

Kami sudah menghitung berat badan ideal tinggi 150, 155, 160, 165, dan 170 cm. Berikut adalah hasil-hasil dari penghitungan tersebut.

  • Berat badan ideal tinggi 150 cm adalah antara 42 kg sampai 56 kg
  • Berat badan ideal tinggi 155 cm adalah antara 45 kg sampai 60 kg
  • Berat badan ideal tinggi 160 cm adalah antara 47 kg sampai 64 kg
  • Berat badan ideal tinggi 165 cm adalah antara 50 kg sampai 68 kg
  • Berat badan ideal tinggi 170 cm adalah antara 53 kg sampai 72 kg

Kini Anda sudah tahu berapa kisaran berat badan yang harus Anda targetkan untuk mendapat ukuran tubuh yang ideal.

Sebagai pengingat tambahan, ukuran kisaran yang lebih besar biasanya berlaku untuk pria sedangkan kisaran yang lebih kecil biasanya berlaku untuk wanita. Sebab pria dan wanita punya proporsi tubuh yang berbeda.

Bagaimana jika tinggi badan Anda di luar penghitungan di atas? Tenang saja, Anda bisa menghitung sendiri berat badan ideal yang sesuai tinggi badan Anda. Pakai saja rumus sederhana yang sudah kami tuliskan di atas.

Demikianlah artikel ini yang mengupas tentang cara mengetahui tinggi dan berat badan ideal yang mudah. Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda? Jika ya, jangan lupa tekan tombol “subscribe” untuk membaca informasi kecantikan & kesehatan terbaru.

Sumber Referensi:

Medical News Today. How much should I weigh for my height and age?. URL: https://www.medicalnewstoday.com/articles/323446

Kementerian Kesehatan RI. Tabel Batas Ambang Indeks Massa tubuh (IMT). URL: http://www.p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/obesitas/tabel-batas-ambang-indeks-massa-tubuh-imt


Ingin tahu informasi menarik lainnya?

Dapatkan update artikel-artikel kami tentang kecantikan langsung ke email Anda.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>