Februari 3

4 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Sedang mencari cara menghilangkan flek hitam yang membandel di wajah Anda? Anda mungkin merasa lelah karena harus selalu menyamarkan bintik hitam itu dengan kosmetik. Mungkin Anda sudah mencoba banyak produk tetapi tidak ada yang menjadi penghilang flek hitam dengan tuntas. Bintik-bintik itu selalu muncul lagi. Pernahkah terpikirkan untuk mencoba cara alami?

Flek hitam di wajah disebabkan oleh hiperpigmentasi di kulit. Penyebabnya sering kali karena sering terkena sinar matahari, bekas jerawat, atau perubahan hormon.

Bahan-bahan alami dapat membantu menghilangkan, atau setidaknya mengurangi, flek atau bintik hitam di wajah. Dan kelebihan lainnya dari bahan-bahan alami, mereka cenderung lebih ditoleransi oleh kulit wajah sehingga meminimalkan risiko untuk iritasi atau masalah kulit yang bisa diakibatkan bahan-bahan kimiawi.

Selain itu Anda juga bisa melakukannya sendiri di rumah jika sudah tahu caranya. Pilihan bahan-bahan alami penghilang flek hitam juga cukup beragam, Anda bisa memilih yang cocok atau mudah bagi Anda.

Nah, mari kita langsung simak cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami berikut ini.

Cuka Apel

Cuka apel mengandung zat bernama asam asetat, yang menurut penelitian dapat mencerahkan hiperpigmentasi. Berikut cara menghilangkan bintik hitam di wajah dengan cuka apel:

  • Campurkan cuka apel dan air dalam jumlah yang setara di sebuah wadah.
  • Oleskan campuran itu ke bintik-bintik hitam di wajah dan biarkan dua sampai tiga menit.
  • Bilas bekasnya dengan air hangat.
  • Ulangi dua kali sehari sampai mendapat hasil yang diinginkan.

Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung zat aloin, yang menurut penelitian telah terbukti mencerahkan kulit dan bekerja secara efektif sebagai perawatan hiperpigmentasi yang aman. Berikut cara menghilangkan flek hitam dengan lidah buaya:

  • Oleskan gel lidah buaya asli ke flek hitam setiap sebelum tidur.
  • Bilas bekasnya dengan air hangat keesokan paginya.
  • Ulangi setiap hari sampai warna kulit Anda membaik.

Bawang Merah

Bawang merah sering menjadi salah satu komposisi untuk krim pemutih kulit dan penghilang bekas luka. Dan memang penelitian telah membuktikan bahwa kulit bawang merah yang dikeringkan dapat secara efektif mencerahkan kulit. Anda bisa membeli krim obat hiperpigmentasi yang mengandung bawang merah (Allium cepa) dan menggunakannya sesuai petunjuk untuk penghilang flek hitam sampai tuntas.

Teh Hijau

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak teh hijau punya efek depigmentasi jika dioleskan ke kulit. Anda bisa membeli ekstrak teh hijau dan menggunakannya sesuai petunjuk.

Anda juga bisa mencoba menggunakan kantung teh hijau bekas untuk penghilang flek hitam di wajah. Ikutilah langkah-langkah berikut ini:

  • Seduh kantung teh hijau dalam air yang dimasak mendidih selama tiga sampai lima menit.
  • Angkat kantung teh dari air dan dinginkan.
  • Jika sudah dingin, gosok kantung teh hijau bekas itu ke flek hitam di wajah.
  • Ulangi dua kali sehari sampai Anda mendapat hasil yang memuaskan.

Teh Hitam

Penelitian pada hewan percobaan (marmut) mendapati bahwa air teh hitam mampu mencerahkan bintik hitam. Meski baru terbukti pada hewan, namun tidak ada salahnya untuk mencoba dan melihat sendiri efeknya.

Berikut cara menghilangkan bintik hitam di wajah menggunakan air teh hitam:

  • Seduh satu sendok makan daun teh hitam segar dalam secangkir air yang dimasak mendidih.
  • Biarkan selama dua jam dan saring untuk menghilangkan daunnya.
  • Rendam bola kapas dalam air teh dan oleskan kapas itu ke bintik-bintik hitam, dua kali sehari.
  • Ulangi setiap hari selama enam hari seminggu, hingga empat minggu, untuk mendapat hasilnya.

Susu Segar

Susu mengandung zat bernama asam laktak yang sering digunakan untuk mencerahkan dan memutihkan kulit. Berikut cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami dengan susu segar:

  • Rendam bola kapas di dalam susu segar.
  • Gosokkan bola kapas itu ke flek hitam di wajah dua kali sehari.
  • Ulangi setiap hari sampai Anda mendapat hasilnya.

Kentang

Kentang mengandung zat asam azelaic yang dapat membantu mengurangi noda, bintik hitam, dan pigmentasi di kulit. Berikut cara menghilangkan flek hitam secara alami dengan kentang:

  • Iris kentang secukupnya dan gosokkan itu ke flek hitam di wajah.
  • Biarkan itu sampai mengering di wajah lalu cuci muka sampai bersih.
  • Ulangi setiap hari sampai Anda merasa puas dengan hasilnya.

Cara yang manakah yang akan Anda manfaatkan? Biasanya hasil sudah bisa dilihat dalam waktu 1 bulan penggunaan bahan alami penghilang flek hitam. Bagaimana jika bahan-bahan alami itu tidak juga mendatangkan hasil baik padahal sudah digunakan cukup lama?

Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kulit  tentang flek hitam membandel di wajah, atau jika Anda khawatir flek tersebut mungkin karena masalah kesehatan tertentu. Dokter dapat membantu memberi rekomendasi obat atau terapi penghilang flek hitam yang sesuai masalah Anda.

Demikianlah artikel ini yang mengupas tentang cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami. Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda? Jika ya, jangan lupa tekan tombol “subscribe” untuk membaca informasi kecantikan & kesehatan terbaru.

Sumber Referensi:

Healthline. How to Treat Skin Hyperpigmentation Naturally. URL: https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-pigmentation

Swirlster. How To Remove Dark Spots From Face Naturally. URL: https://swirlster.ndtv.com/beauty/how-to-remove-dark-spots-from-face-naturally-2216924


Ingin tahu informasi menarik lainnya?

Dapatkan update artikel-artikel kami tentang kecantikan langsung ke email Anda.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>