April 21

Urutan Skincare Remaja Supaya Wajahmu Sehat & Segar

Jerawat, komedo, dan kulit berminyak pasti tidak aneh buat kamu yang remaja. Kesal ya kalau kulit yang dulunya mulus sekarang jadi banyak kekurangannya. Nah coba ikuti urutan skincare remaja yang benar supaya masalah kulitmu itu berkurang.

Sebelumnya kamu perlu tahu bahwa masalah kulit wajah adalah sesuatu yang biasa pada remaja. Kamu sedang dalam masa puber yang artinya hormon dalam tubuhmu sedang berubah-ubah. Efeknya bisa muncul pada kulit wajahmu.

Tapi bukan berarti kamu cuman bisa pasrah saja. Ada banyak tips yang bisa dilakukan supaya kulit wajahmu tetap sehat dan segar.

Kenali Dulu Jenis Kulit Kamu

Pertama-tama, kamu harus tahu dulu apa jenis kulit kamu. Sebab setiap orang punya jenis kulit yang bisa berbeda-beda. Ada yang berminyak, normal, kombinasi, atau sensitif. Kalau kamu masih bingung, lihat penjelasannya di bawah ini.

Jenis Kulit Kombinasi

Ini adalah jenis kulit yang biasa dimiliki remaja, yaitu kombinasi atau campuran antara normal dan berminyak. Masalah kulit, pori-pori membesar, dan kulit berminyak paling sering terjadi di daerah T, yaitu antara dahi, alis, hidung, dan dagu. Kulit di sekitar daerah T biasanya halus dan punya pori-pori halus. Area pipi kering dan kadang kencang.

Perawatan untuk remaja berkulit kombinasi biasanya termasuk memakai krim BB dengan SPF minimal 10 untuk bantu menutupi kekurangan dan melindungi kulit dari sinar matahari. Untuk bantu cegah jerawatan, kamu juga bisa pakai sabun pembersih wajah yang tidak mengandung minyak.

Tips urutan skincare remaja berkulit kombinasi: Karena kulit kamu gampang dehidrasi, gunakanlah krim pelembap untuk siang hari.

Jenis Kulit Berminyak

Kalau punya jenis kulit ini, wajah kamu tampak mengkilap dan punya pori-pori yang besar. Bintik-bintik dan komedo ada di sekitar dahi, hidung, dagu, area dada bagian atas, dan punggung.

Masalah kulit muncul karena kulit kebanyakan mengeluarkan minyak. Masalah kulit ini disebabkan oleh perubahan hormon selama masa puber.

Tips urutan skincare remaja berkulit berminyak: Jangan pencet bintik-bintik yang muncul, ini bisa bikin itu meradang dan meninggalkan bekas luka. Pakailah produk perawatan yang khusus dibuat untuk kulit berminyak dan punya sifat anti-bakteri. Krim seperti ini tidak menyumbat pori-pori kulit wajah kamu. Dan produk ini bisa menutupi kekurangan.

Jenis Kulit Sensitif

Kulit jenis ini lembut, berpori-pori halus, tapi terlalu lemah jadi sangat sensitif dengan lingkungan dan stres. Masalah kulit sensitif biasanya kulit yang kemerahan, atau bisa juga muncul bagian yang kasar di kulit. Tapi jarang muncul masalah kulit seperti bintik-bintik di wajah.

Tips urutan skincare remaja berkulit sensitif: Kulit sensitif harus selalu dijaga kelembapannya, karena kandungan minyak alaminya sangat rendah. Jadi gunakanlah produk perawatan yang khusus kulit sensitif, tapi tanpa tambahan pewangi.

Jenis Kulit Normal

Jenis kulit ini jarang terlihat mengkilap, kecuali kalau lagi banyak berkeringat. Kulit wajah kamu mungkin kadang-kadang muncul bintik-bintik, tapi itu wajar buat remaja, karena disebabkan oleh hormon. Karena kulit normal seimbang jumlah minyaknya, maka pori-porinya biasanya halus.

Tips urutan skincare remaja berkulit normal: Kamu bisa gunakan krim BB berwarna yang bisa bantu menutupi kekurangan di kulit, sekaligus untuk melembapkan kulit kamu.

Langkah Demi Langkah Urutan Skincare Remaja

Jangan biarkan masalah kulit bikin kamu stres, masa remaja kamu seharusnya menyenangkan. Cobalah ikuti langkah demi langkah urutan skincare untuk remaja agar kulit kamu tetap segar dan sehat seraya kamu beraktivitas.

Langkah 1: Cuci Muka dengan Benar

Cucilah wajah kamu setiap hari menggunakan sabun khusus untuk pembersih wajah, biasanya di pagi dan malam sebelum tidur. Urutan skincare pagi dan malam untuk remaja ini penting untuk menghilangkan minyak berlebih dan kulit mati dari wajah, dan untuk mencegah tumbuhnya bakteri.

Langkah 2: Bersihkan Muka dengan Facial Toner

Sebaiknya pakai facial toner (toner wajah) untuk perawatan setelahnya dan untuk menghilangkan sisa kotoran yang tersisa. Facial toner bisa dipakai di seluruh wajah atau cuman pada bagian yang ada bintik-bintik dan komedo.

Facial toner bisa menghapus minyak berlebih di pori-pori sehingga mencegah munculnya bintik-bintik dan komedo baru.

Langkah 3: Perawatan Kulit

Pilih produk perawatan kulit yang cocok untuk jenis kulit kamu. Misalnya krim pelembap yang bisa menjaga kelembapan kulit kamu seharian. Urutan skincare remaja ini penting untuk melindungi kulit dari pengaruh lingkungan dan untuk membuatnya tampak bercahaya dan segar.

Langkah 4: Perawatan Khusus Setiap Minggu

Urutan skincare remaja ini cuman perlu dilakukan sekali setiap minggu. Kamu bisa gunakan scrub secara perlahan untuk menghilangkan minyak berlebih, mengurangi mengkilap, dan mengangkat kulit mati.

Kamu juga bisa pakai masker untuk meredakan iritasi dan memberikan kelembapan buat kulit wajah. Dan khusus untuk menjaga daerah T wajah tetap bersih dan halus, kamu bisa pakai strip pembersih.

Pengingat Buat Kamu!

Jangan pernah pencet bintik-bintik atau jerawat yang muncul di wajah. Memencetnya justru bisa membuat bakteri masuk ke kulit lebih dalam dan menyebabkan radang.

Tapi kalau memang harus dipencet, jangan langsung pakai tangan. Pakailah tisu bersih dan pencetlah dengan pelan-pelan. Lalu segera bersihkan bagian wajah itu supaya tidak terjadi infeksi.

Atau yang lebih baik lagi, kamu bisa pergi ke salon kecantikan. Di sana kulit kamu akan dibersihkan secara profesional supaya tidak sering muncul bintik-bintik yang menjengkelkan.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang urutan skincare remaja. Apakah informasi ini berguna buat kamu? Jika ya, jangan lupa tekan tombol “subscribe” untuk cepat mendapat update-update artikel kami tentang kecantikan langsung ke email kamu.

Sumber Referensi:

Everyday Healht. Skin Care for Teen Skin. URL: https://www.everydayhealth.com/skin-and-beauty/skin-care-for-teen-skin.aspx

Nivea. Teenage Skin Care Tips. URL: https://www.nivea.co.uk/advice/skin/teenage-skin-care-tips


Ingin tahu informasi menarik lainnya?

Dapatkan update artikel-artikel kami tentang kecantikan langsung ke email Anda.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>