Februari 3

9 Cara Memutihkan Kulit secara Alami

Kulit yang cerah dan merata adalah dambaan bagi banyak wanita, dan kadang juga bagi pria. Sebab warna kulit yang kusam dan belang tentu akan menurunkan kepercayaan diri saat harus tampil di depan banyak orang. Namun adakah cara memutihkan kulit secara alami yang efektif dan aman?

Dalam artikel ini akan dikupas sembilan cara mencerahkan kulit wajah menggunakan bahan-bahan alami yang relatif aman.

Namun ingatlah bahwa bahan-bahan ini hanya dapat bermanfaat untuk membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit yang menjadi kusam atau belang karena pengaruh faktor lingkungan atau gaya hidup. Cara ini bukan untuk mengubah warna kulit yang alaminya gelap menjadi putih.

Yogurt dan Tepung Gram

Yogurt sering digunakan untuk meremajakan kulit secara alami. Baik digunakan dengan memakannya ataupun melalui penggunaan luar, sama-sama bermanfaat untuk membuat kulit yang lembut dan bercahaya.

Karena merupakan produk olahan dari susu, yogurt mengandung banyak nutrisi bermanfaat untuk kulit. Salah satu kandungannya, yaitu asam laktat, berfungsi sebagai bahan pemutih kulit wajah alami.

Tepung gram juga mengandung nutrisi yang dapat memperbaiki kualitas kulit. Tepung ini juga dapat digunakan untuk memperoleh warna kulit yang lebih cerah.

Campuran tepung gram dan yogurt dapat membantu melembapkan kulit sekaligus menghilangkan minyak berlebih.

Cara mencerahkan kulit wajah dengan yogurt dan tepung gram:

  • Campurkan yogurt dan tepung gram lalu oleskan ke kulit wajah.
  • Diamkan sampai kering selama 30 menit.
  • Pijat-pijat kulit wajah lalu cuci muka dengan air.
  • Untuk menghilangkan belang di kulit, gunakan pemutih wajah alami ini selama 2-3 minggu.

Pengingat: Jangan pakai yogurt jika Anda alergi terhadap susu dan olahannya. Untuk mengetahui apakah Anda alergi, cobalah tes dulu dengan mengoleskan yogurt ke kulit (bukan wajah) dan melihat reaksinya.

Pepaya

Karena mengandung beragam nutrisi, pepaya sering dijadikan bahan perawatan kulit alami. Pepaya dapat menjadi cara membuat kulit putih alami karena nutrisinya membantu mencerahkan warna kulit.

Cara mencerahkan kulit wajah dengan pepaya:

  • Potong-potong dan haluskan pepaya dan pisang menjadi satu.
  • Tambahkan madu secukupnya ke dalamnya.
  • Aduk rata dan oleskan campuran itu ke kulit wajah.
  • Biarkan selama 15-20 menit.
  • Bilas wajah dengan air hangat dan tepuk-tepuk kulit sampai kering.

Pengingat: Meski biasanya aman, tetapi pepaya atau pisang bisa memicu reaksi alergi pada orang-orang tertentu. Jadi pastikan Anda tidak alergi terhadap salah satu atau keduanya.

Jeruk

Buah jeruk sangat bermanfaat bagi kulit karena mengandung banyak vitamin C. Jeruk bisa membantu mencerahkan kulit karena punya fungsi pemutih kulit alami. Selain itu, minum jus jeruk segar setiap hari dapat merevitalisasi kulit, menjadikannya lembut dan halus.

Cara memutihkan kulit secara alami dengan jeruk:

  • Oleskan jus jeruk ke kulit wajah untuk membantu meratakan warna kulit.
  • Atau bisa juga dengan minum jus jeruk setiap hari untuk mendapat manfaatnya dari dalam tubuh.

Madu

Warna kulit tidak merata akibat flek-flek hitam bisa jadi disebabkan oleh kulit kering. Madu dapat menghidrasi kulit untuk membantu mendapatkan warna kulit yang merata.

Karena punya fungsi anti-bakteri, madu mencegah pembentukan jerawat serta membantu memudarkan bekas jerawat dan bintik-bintik penuaan.

Royal jelly, sekresi dari lebah madu, juga bisa digunakan untuk mengatasi flek-flek hitam. Sebuah penelitian mendapati bahwa royal jelly larut air dari Korea Selatan punya potensi untuk mengatasi flek hitam di kulit.

Cara mencerahkan kulit wajah dengan madu:

  • Oleskan langsung madu ke flek-flek hitam menggunakan cotton bud.

Pengingat: Madu bisa memicu reaksi alergi pada beberapa orang, terutama pada mereka yang sudah memiliki alergi terhadap serbuk sari atau seledri.

Lemon

Karena masih sejenis dengan buah jeruk, buah lemon dapat memberi manfaat yang serupa dengan jeruk. Kandungan asam sitratnya yang tinggi dapat bekerja sebagai pemutih kulit wajah alami, sedangkan kandungan vitamin C meningkatkan perkembangan sel-sel kulit baru.

Lemon juga kaya akan antioksidan yang membantu memperbaiki warna kulit.

Cara memutihkan kulit wajah dengan lemon:

  • Ambil sari perasan lemon dan campurkan dengan air.
  • Oleskan langsung ke kulit wajah.
  • Diamkan selama 10 menit.
  • Cuci muka dengan air hangat.

Pengingat: Selalu tes dulu reaksi kulit Anda sebelum menggunakan lemon ke kulit wajah. Kandungan asam dari lemon bisa menimbulkan rasa sakit menyengat jika bersentuhan dengan luka. Jadi hindari penggunaannya jika ada luka terbuka.

Lidah Buaya

Lidah buaya juga bisa menjadi bahan pemutih kulit alami karena mempunyai efek pendinginan dan anti-inflamasi bagi kulit. Jika dioleskan ke kulit, lidah buaya bisa mempercepat pembelahan sel dan perbaikan jaringan yang rusak. Ini dapat membantu dalam mengatasi hiperpigmentasi kulit.

Selain itu, lidah buaya memiliki kandungan aktif bernama aloin yang dapat meningkatkan agregasi melanin kulit. Agregrasi melain bisa mencerahkan warna kulit.

Cara membuat kulit putih alami dengan lidah buaya:

  • Oleskan gel lidah buaya asli ke kulit wajah.
  • Diamkan selama 15-20 menit.
  • Cuci muka dengan air hangat.

Pengingat: Jangan oleskan gel lidah buaya pada luka atau kulit yang mengalami infeksi.

Kunyit

Kunyit menghambat produksi melanin dan membantu untuk memperoleh warna kulit merata. Kunyit juga membantu menjaga kesehatan kulit karena memiliki sifat antioksidan dan antiseptik.

Kandungan senyawa utama di dalamnya, kurkumin, telah dibuktikan mampu meningkatkan kesehatan kulit, baik dalam penggunaan luar maupun dalam tubuh.

Cara memutihkan kulit secara alami dengan kunyit:

  • Campurkan bubuk kunyit dan yogurt sampai menjadi seperti salep.
  • Oleskan salep campuran itu ke kulit wajah.

Pengingat: Beberapa jenis bubuk kunyit bisa meninggalkan noda kekuningan di kulit. Tetapi noda ini akan memudar setelah mencuci muka.

Mentimun

Ekstrak mentimun sangat bermanfaat untuk perawatan kulit. Karena merupakan sumber antioksidan serta vitamin A dan C yang baik, ekstrak mentimun bisa membantu menghidrasi kulit.

Bahan alami ini juga membantu meringankan iritasi dan peradangan. Selain itu juga mampu menghambat sintesis melanin dan sekresi sebum.

Mentimun bisa menjadi bahan pemutih kulit wajah alami karena dapat mengikat kolagen sehingga membuat kulit lebih cerah, kencang, dan kenyal. Juga membantu untuk mendinginkan kulit dan bisa digunakan pada semua jenis kulit.

Cara mencerahkan kulit wajah dengan mentimun:

  • Parut mentimun yang masih segar.
  • Ambil sari dari parutan itu dan oleskan ke kulit wajah.

Oatmeal

Oat telah digunakan untuk pengobatan berbagai masalah kulit. Oat dioleskan ke kulit untuk menghilangkan ruam, kekeringan, dan eksem.

Penelitian sudah dilakukan untuk mempelajari cara kerja oatmeal koloid dalam memperkuat perlindungan kulit. Oat mengandung flavonoid yang bisa menyerap UVA (320-370 nm).

Oatmeal juga meningkatkan regenerasi kulit dengan cara mengelupas kulit. Ini berguna untuk mencerahkan kulit dan memberikan kelembutan pada kulit.

Cara membuat kulit putih alami dengan oatmeal:

  • Masak oatmeal secukupnya dan dinginkan.
  • Oleskan ke wajah sebagai masker.
  • Diamkan 10-15 menit sampai kering lalu cuci muka sampai bersih.

Sembilan cara memutihkan kulit secara alami di artikel ini hanya akan bermanfaat jika dilakukan secara teratur. Dan setiap orang punya jenis dan masalah kulit yang berbeda-beda, jadi bahan alami yang efektif bagi satu orang belum tentu efektif bagi orang lain.

Bagaimana jika sudah mencoba cara-cara tersebut tetapi tidak membuahkan hasil baik? Ada baiknya Anda mengunjungi dokter kulit untuk mengetahui secara pasti apa penyebab dari masalah kulit Anda. Dokter dapat memberi saran pengobatan dan perawatan yang sesuai dengan masalah kulit Anda.

Demikianlah artikel ini yang mengupas tentang cara memutihkan kulit secara alami. Apakah informasi ini berguna bagi Anda? Jika ya, jangan lupa tekan tombol “subscribe” untuk mengetahui informasi kecantikan dan kesehatan terbaru berikutnya.

Sumber Referensi:

eMediHealth. 9 Home Remedies to Lighten Your Skin. URL: https://www.emedihealth.com/skin-lightening.html

india.com. How to lighten skin tone? 14 skin-whitening beauty tips to lighten your skin tone naturally!. URL: https://www.india.com/lifestyle/how-to-lighten-skin-tone-14-skin-whitening-beauty-tips-to-lighten-your-skin-tone-naturally-1949825/


Ingin tahu informasi menarik lainnya?

Dapatkan update artikel-artikel kami tentang kecantikan langsung ke email Anda.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>