Februari 24

Cara Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah

Mewarnai rambut bisa bikin penampilan jadi lebih menarik sekaligus awet muda. Tapi dengan ada banyaknya pilihan produk pewarna rambut, pilihan warna rambut, dan teknik mewarnai yang berbeda-beda, mungkin sulit bagi Anda untuk menentukan mana yang tepat sesuai rambut Anda. Di artikel ini Anda akan mengetahui cara mewarnai rambut sendiri dengan hasil seperti para penata rambut profesional.

Dengan tahu cara mengecat rambut sendiri, Anda bisa melakukannya di rumah kapan pun ada waktu tanpa perlu repot-repot pergi ke salon.

Meski tidak mahir seperti seorang penata rambut profesional, Anda bisa mendapatkan hasil warna rambut yang sesuai keinginan Anda. Cara mengecat rambut sendiri ini bisa diterapkan untuk menutupi uban, menghitamkan rambut, atau menambahkan highlight pirang untuk membentuk wajah.

Langkah-Langkah Cara Mewarnai Rambut Sendiri

Aman-aman saja untuk melakukan cara mengecat rambut sendiri selama mengikuti petunjuk pada kemasan produk pewarna. Tapi ada beberapa pengecualian: Anda sebaiknya tidak mewarnai rambut jika baru saja meluruskan atau mengeriting rambut, karena kedua proses tersebut dapat menyebabkan kerusakan. Tunggulah setidaknya tujuh hari.

Jika Anda sudah siap untuk mengecat rambut, inilah alat-alat yang dibutuhkan: cat rambut, kuas dan mangkuk, shower cap sekali pakai, sarung tangan sekali pakai (non-latex), lip balm bening yang padat, dan cermin untuk memeriksa proses pewarnaan.

Sekarang mari memulai langkah demi langkah cara mewarnai rambut sendiri ini untuk mendapat hasil seperti penata rambut profesional.

Pilih Warna yang Terbaik

Carilah warna yang mendekati warna rambut Anda sekarang. Box cat rambut biasanya ditampilkan dalam urutan warna di rak pajangan: jadi peganglah sebagian rambut Anda ke dekat box untuk menemukan warna yang paling serupa, lalu pilih salah satu warna di sebelah kanan atau kiri box itu.

Beli Dua Box Cat Rambut

Anda pasti tidak mau kehabisan cat di tengah proses mewarnai. Jika rambut Anda panjangnya sebahu atau lebih panjang, sebaiknya beli dua box cat rambut atau tergantung ketebalan rambut Anda. Jika pada akhirnya ada box yang tidak terpakai, Anda selalu bisa menyimpannya untuk digunakan lain kali.

Jangan Campurkan Warna Berbeda

Kecuali Anda seorang penata rambut profesional, tidak disarankan untuk mencampurkan warna cat rambut yang berbeda. Tidak ada jaminan bahwa mencampurkannya akan menghasilkan warna yang diharapkan. Bahkan menggunakan satu cat warna saja bisa menghasilkan warna yang berbeda dari yang ditampilkan di box.

Jadi dalam cara mewarnai rambut sendiri, disarankan untuk memilih hanya satu warna dan mengikuti petunjuk pada kemasan box cat itu.

Tes Dulu ke Kulit

Anda tidak tahu apakah kulit Anda akan bereaksi terhadap bahan kimia dari pewarna rambut itu, jadi direkomendasikan untuk selalu melakukan uji tempel ke kulit. Bagian ini akan dijelaskan lebih lanjut di sebelah bawah.

Tes Dulu ke Sehelai Rambut

Mungkin Anda sudah tak sabar lagi ingin mencoba penampilan baru, tapi Anda harus melakukannya dengan benar. Sebaiknya periksa dulu apakah warna rambut Anda saat ini bereaksi dengan baik dengan warna yang Anda inginkan. Karena jika perubahan warnanya tampak kurang menarik, Anda pasti tidak akan senang. Bagian ini akan dijelaskan lebih lanjut di sebelah bawah.

Bersihkan Garis Rambut

Gosok sedikit lip balm di sepanjang garis rambut Anda di bagian yang ingin Anda pertahankan warna catnya. Melakukan ini berguna untuk mencegah warna cat luntur dari kulit, yang bisa memakan waktu berhari-hari untuk hilang. Ini adalah salah satu tips terpenting dalam cara mengecat rambut sendiri.

Sisir Dulu Rambut

Pastikan rambut Anda tidak kusut sebelum mulai mewarnainya. Bahkan kusut sedikit pun nantinya bisa menimbulkan masalah besar.

Bagi Rambut Jadi Beberapa Bagian

Para profesional selalu membagi rambut menjadi empat bagian—dari tengah, lalu dari telinga ke telinga melintasi pusar rambut. Warnai bagian depan terlebih dulu karena ini yang paling terlihat, jadi perlu waktu pemrosesan yang penuh.

Jangan Tuang Langsung dari Botolnya

Biasanya cat rambut box dikemas dalam botol, tapi jangan tuang langsung cat dari botolnya. Menuangkannya langsung ke rambut Anda tidak akan memberi hasil akhir yang sempurna. Sebagai gantinya, gunakan mangkuk untuk mencampur cat dan kuas untuk mengaplikasikan cat ke rambut.

Gunakan Sikat Gigi untuk Highlight

Kalau Anda hanya ingin menambahkan beberapa highlight, gunakan sikat gigi atau tongkat maskara yang bersih. Aplikasikan di bagian yang sering terkena sinar matahari untuk mencerahkan rambut Anda (misalnya di sekitar wajah dan di ujung-ujung rambut). Ini akan menghasilkan highlight yang tampak alami.

Mulai dari Akar Rambut

Kalau ingin mewarnai seluruh rambut menjadi warna yang berbeda, ingatlah untuk selalu mulai dari akar rambut saat melakukan cara mewarnai rambut sendiri. Bagian akar rambut perlu waktu lebih lama untuk mengembangkan warnanya. Kemudian sisir rambut sampai ke ujung.

Pakai Shower Cap Sambil Menunggu

Menutup rambut dengan shower cap berguna untuk mencegah cat menetes ke badan. Dengan begitu sambil menunggu Anda bisa bebas melakukan kegiatan lainnya.

Cuci Rambut dengan Benar

Jangan langsung kerasam setelah mengecat rambut, cukup bilas dulu dengan air. Saat akan keramas, pastikan memakai sampo yang tidak mengandung sulfat (sulphate). Karena kandungan sulfat dapat menyebabkan batang rambut membesar dan membuat warna cat luntur.

Cara Melakukan Tes Cat Rambut ke Kulit

Berikut adalah tips melakukan tes cat rambut ke kulit oleh Josh Wood, seorang pakar mewarnai rambut (https://joshwoodcolour.com/pages/about-josh).

  • Campurkan cat pewarna seukuran koin ke dalam mangkuk.
  • Gunakan cotton bud untuk mengoleskannya sedikit ke belakang telinga.
  • Biarkan selama 48 jam, hindari mencuci atau membersihkan bagian kulit ini.
  • Tips: Sangat penting untuk mengencangkan tutup botol cat dengan erat setelah membukanya untuk tes ini. Jika tidak, cat bisa teroksidasi, dan bahan aktifnya tidak akan bekerja.
  • Jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi di kulit, segera cuci bersih dan jangan gunakan produk cat ini.
  • Jika tidak ada tanda-tanda reaksi di kulit, lanjutkan melakukan cara mewarnai rambut sendiri di atas.

Cara Melakukan Tes Cat Rambut ke Sehelai Rambut

Ini disebut tes untai. Tes ini penting untuk menentukan apakah warna cat itu sesuai atau tidak. Berikut cara melakukan tes untai:

  • Pakai sarung tangan pelindung.
  • Pilih sehelai rambut untuk diuji.
  • Pisahkan dengan jepit rambut plastik agar helai itu tidak menyentuh bagian rambut lain setelah dicat. Lalu cat sehelai rambut itu.
  • Tunggu 24 jam untuk memastikan apakah Anda puas dengan hasil pewarnaan rambut.
  • Jika Anda senang dengan warnanya, lanjutkan melakukan cara mengecat rambut sendiri di atas.

Ada lagi yang perlu dilakukan setelah berhasil mengecat rambut. Jagalah rambut Anda dari terpaan sinar matahari (atau pakai topi) saat harus lama berada di luar ruangan. Matahari bisa merusak warna cat, dan bahkan ini terjadi pada warna alami rambut yang sering terkena sinar matahari.

Demikianlah artikel ini yang mengupas tentang cara mewarnai rambut sendiri di rumah. Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda? Jika ya, jangan lupa tekan tombol “subscribe” untuk cepat mendapat update artikel-artikel terbaru mengenai kecantikan.

Sumber Referensi:

Marie Claire. How to dye your own hair at home (and avoid a disaster). URL: https://www.marieclaire.co.uk/beauty/how-to/how-to-dye-your-own-hair-6656

Good Housekeeping. 19 Pro Hair Color Tricks for Dyeing Your Hair at Home. URL: https://www.goodhousekeeping.com/beauty/hair/g2754/haircolor-hacks-at-home/


Ingin tahu informasi menarik lainnya?

Dapatkan update artikel-artikel kami tentang kecantikan langsung ke email Anda.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>