Februari 3

Tips Awet Muda

Pernahkah Anda melihat seseorang yang penampilannya tidak banyak berubah padahal sudah bertahun-tahun tidak bertemu? Wajahnya tetap terlihat muda meski usianya sudah menginjak paruh baya. Apa sebenarnya rahasia awet muda dari orang itu? Bisa jadi ia sudah menerapkan tips awet muda yang akan dijelaskan di artikel ini.

Sebenarnya ada banyak cara awet muda yang mudah untuk dilakukan, tanpa perlu minum suplemen atau vitamin apapun. Artikel ini akan berfokus pada tips awet muda dengan cara mengubah gaya hidup sehari-hari Anda.

Berhenti Merokok

Menghentikan satu kebiasaan buruk ini akan sangat bermanfaat pada kesehatan jangka panjang Anda. Beragam penelitian menunjukkan dampak buruk rokok pada pria maupun wanita. Lebih spesifik lagi, melanjutkan kebiasaan merokok berat hingga lewat usia 40 telah terbukti memperpendek umur selama satu dekade (10 tahun).

Selain itu merokok juga memperburuk banyak penyakit terkait umur pendek, seperti penyakit jantung dan diabetes. Merokok juga menyebabkan penuaan dini pada kulit, yang membuat Anda tampak lebih tua. Itu sebabnya berhenti merokok adalah salah satu tips awet muda yang terbaik.

Menjaga Berat Badan Ideal

Punya terlalu banyak lemak di tubuh membuat Anda rawan untuk menderita penyakit serius yang bisa memperpendek umur, seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, dan kanker.

Obesitas (sangat kelebihan berat badan) juga sangat berdampak pada kesehatan hati, yang memicu penyakit hati berlemak. Selain itu, terlalu banyak lemak di perut dikaitkan dengan tekanan darah tinggi dan kadar gula darah tinggi.

Untuk mendapatkan dan menjaga berat badan ideal, Anda perlu mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang dan dalam jumlah secukupnya serta berupaya untuk aktif secara fisik.

Tetap Aktif secara Fisik

Ada sangat banyak manfaat dari tetap aktif secara fisik: kesehatan jantung lebih baik, risiko diabetes dan kanker lebih rendah, stres berkurang, dan umur lebih panjang.

Penelitian mendapati bahwa orang yang berolahraga rata-rata 15 menit per hari, dengan intesitas sedang (misalnya jalan cepat), hidup rata-rata 3 tahun lebih lama daripada yang lebih sedikit atau tidak berolahraga.

Mengonsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang, terdiri dari buah, sayur, protein, serealia utuh (whole grain), ikan, dan lemak sehat sudah lama dianggap sebagai resep awet muda.

Semua masyarakat yang hidup paling lama di dunia—termasuk penduduk Okinawa Jepang, penduduk Lembah Hunza Pakistan, dan penduduk negeri-negeri sepanjang Mediterania—semuanya mengonsumsi beberapa variasi dari jenis-jenis makanan tersebut.

Mengurangi Stres

Seseorang yang rajin diet dan olahraga bisa saja melupakan rahasia awet muda yang penting ini, yaitu mengurangi stres. Padahal stres berlebihan dapat memicu penyakit dan kondisi kesehatan yang berbahaya, termasuk penyakit jantung, depresi, dan daya tahan lebih lemah terhadap penyakit.

Anda bisa berupaya mengurangi stres dengan melakukan hobi, mendengarkan musik yang menenangkan, menjaga kontak dengan teman dan keluarga, dan cara-cara lain.

Menjaga Kontak dengan Teman & Keluarga

Tetap berkomunikasi dengan teman dan keluarga adalah tips awet muda karena dapat meningkatkan kesehatan emosi serta fisik. Hubungan yang baik dengan orang lain bisa mencegah kecemasan, depresi, dan demensia yang terkait usia tua (termasuk penyakit Alzheimer).

Menjaga Tekanan Darah

Tekanan darah yang stabil adalah rahasia awet muda, sebab tekanan darah tinggi memperbesar risiko Anda untuk menderita penyakit yang terkait usia tua. Penyakit itu misalnya demensia (salah satunya Alzheimer), kemungkinan karena darah tinggi dapat merusak pembuluh darah kecil di otak.

Membantu Orang Lain

Tubuh akan melepaskan “hormon senang”, atau endorfin, saat Anda membantu orang lain. Membantu tidak harus dalam bentuk uang. Misalnya Anda bisa memberikan waktu dan tenaga Anda untuk teman yang membutuhkan bantuan Anda.

Hormon endorfin membantu mengurangi stres dan bahkan dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan kekebalan tubuh, yang membuat Anda lebih jarang sakit.

Tidur yang Cukup

Ini mungkin termasuk tips awet muda yang sudah banyak diketahui orang. Kurang tidur bisa membuat kulit lebih cepat berkerut dan kendur. Itu sebagian karena tubuh Anda melepaskan lebih banyak kortisol, “hormon stres”, yang memecah kolagen yang membuat kulit halus dan kenyal.

Cobalah untuk mengatur jadwal tidur yang baik, sekitar 7-8 jam setiap malam, dan hindari mengonsumsi alkohol, kafein, serta batasi penggunaan perangkat elektronik menjelang waktu tidur.

Sinar Matahari Secukupnya

Sinar matahari yang cukup baik bagi kesehatan, tetapi terlalu banyak akan merusak kolagen kulit dan dapat menimbulkan kerutan serta bintik-bintik penuaan di kulit. Jika Anda harus berada di bawah sinar matahari langsung, sebaiknya kenakan topi, pakaian lengan panjang, dan kacamata hitam. Gunakan juga tabir surya (sun screen) yang punya SPF 30 atau lebih.

Melembapkan Kulit

Menjaga kelembapan kulit adalah rahasia awet muda selanjutnya. Jika kulit menjadi kering, itu akan tampak kasar dan bersisik seperti yang biasa terlihat pada lansia. Untuk mandi sebaiknya gunakan sabun yang ringan tanpa alkohol atau zat lain yang dapat membuat kulit kering. Kemudian pakailah pelembap kulit dua kali sehari untuk menjaga kelembapannya sepanjang hari.

Demikianlah artikel ini yang mengupas tentang cara awet muda yang mudah untuk dilakukan. Apakah informasi ini berguna Anda? Jika ya, jangan lupa tekan tombol “subscribe” untuk membaca informasi kecantikan dan kesehatan berikutnya.

Sumber Referensi:

WebMD. Want to Stay Youthful? Avoid These Mistakes. URL: https://www.webmd.com/healthy-aging/ss/slideshow-mistakes-to-avoid-to-stay-youthful

Verywell Health. How to Stay Younger. URL: https://www.verywellhealth.com/how-to-get-younger-2224080


Ingin tahu informasi menarik lainnya?

Dapatkan update artikel-artikel kami tentang kecantikan langsung ke email Anda.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>