Maret 23

Cara Akurat Searching di Google

Saya sering pakai Google untuk cari macam-macam. Misalnya waktu lagi cari rekomendasi merek barang dengan budget sekian, atau sekadar penasaran waktu mulai ada gejala-gejala sakit, misalnya apa penyebab sakit kepala di belakang mata. Google akan tampilkan banyak link-link ke artikel atau situs web yang kasih informasi mengenai pencarian kita itu. Informasinya setidaknya membantu untuk jadi referensi kita.

Algoritme pencarian Google sangat mahir dalam menemukan informasi yang kita cari, bahkan waktu kita sendiri bingung lagi cari apa. Tapi kadang Google kelihatannya tidak memberi hasil pencarian yang kita inginkan. Saya mau berbagi tips-tips supaya pencarian kita jadi lebih akurat. Bahkan kita juga bisa cari pakai gambar di Google.

Tambahkan Simbol-Simbol

Ada cara-cara supaya kita menyaring hasil pencarian kita dengan lebih akurat, yaitu tambahkan simbol-simbol seperti di bawah ini.

Pakai tanda kutip (“ “) untuk mencari frasa yang tepat:

Misalnya kalau mau mencari shampo ketombe dan rontok, kita akan mendapat hasil pencarian yang memiliki masing-masing kata itu, tapi tidak selalu semua kata itu. Tapi kalau menambahkan tanda kutip menjadi “shampo ketombe dan rontok”, kita hanya akan mendapat hasil pencarian yang menyertakan semua kata itu.

Tambahkan tilde atau tanda gelombang (~) di depan kata untuk mencari sinonim:

Ini berguna kalau kita ingin mencari kata tertentu dan sinonim apapun dari kata itu. Misalnya kalau mau mencari tempat wisata ~sejuk, kita juga akan mendapat hasil pencarian untuk “tempat wisata dingin”, dan lain sebagainya.

Kecualikan istilah dengan simbol minus (-):

Pakai simbol minus untuk mengecualikan semua istilah yang tidak kita inginkan. Misalnya aplikasi terbaik -android untuk hasil pencarian yang menghilangkan tentang aplikasi Android.

Temukan satu hasil atau yang lain dengan OR:

Kalau ingin mencari hasil tentang satu topik atau topik lainnya, tapi tidak ingin menjalar ke topik lain-lain, pakailah pengubah OR untuk mendapat hasil pencarian yang lebih akurat. Misalnya, mencari apple microsoft akan menampilkan hasil yang berkaitan dengan kedua istilah itu, tapi mencari apple OR microsoft memberi kita link-link terpisah tentang Apple dan Microsoft.

Tambahkan site: untuk mencari satu situs web:

Kalau ingin hasil pencarian dari satu situs web saja, pakailah site: diikuti langsung URL situs web yang ingin dipakai. Kita harus menyertakan domain situs, misalnya resep herbal darah tinggi site:deherba.com, bukan resep herbal darah tinggi site:deherba.

Cari jenis file:

Kalau ingin mencari jenis file tertentu di internet, pakailah filetype: untuk hanya mencari file yang cocok dengan pencarian kita. Misalnya, kita pakai filetype:pdf untuk menemukan PDF atau pakai filetype:doc untuk menemukan dokumen Microsoft Office.

Cari situs web serupa:

Cari situs web serupa dengan memakai related: untuk menampilkan hasil terkait. Pencarian related:tokopedia.com akan menampilkan hasil-hasil termasuk Bukapalak dan Blibli. Pencarian related:google.com akan menampikan Yahoo dan Bing.

Pakai Fitur Penelusuran Lanjutan

Malas mengingat semua simbol-simbol di atas? Tenang saja, kita bisa pakai fitur penelusuran lanjutan. Dari halaman hasil pencarian Google, klik ikon roda bergerigi dan pilih penelusuran lanjutan untuk membuka halaman penelusuran lanjutan.

Fitur ini memungkinkan kita memasukkan kata kunci atau frasa di bidang tertentu daripada mengandalkan pengubah-pengubah seperti di atas. Hasil pencarian bisa dipersempit lebih jauh berdasarkan bahasa, wilayah, pembaruan terakhir, domain, lokasi istilah, konten eksplisit, jenis file, dan hak penggunaan. Pencarian gambar juga bisa dipersempit berdasarkan ukuran gambar, rasio aspek, warna, dan jenis gambar.

Kalaupun kita tidak bisa membuat penelusuran lanjutan di perangkat mobile, kita bisa memfilter penelusuran gambar. Pencet ikon penggeser di bagian atas pencarian gambar untuk memfilter menurut gambar terbaru, GIF, HD, gambar produk, warna, dan hak penggunaan.

Masukkan Rentang Waktu

Ini berguna kalau kita mencari berita terbaru tentang suatu topik atau mencoba mencari informasi yang relevan dalam jangka waktu tertentu. Kita pakai alat pencarian di perangkat desktop atau mobile untuk memfilter hasil pencarian kita. Kalau pakai versi desktop, klik Alat di bawah ikon kaca pembesar. Di versi mobile, geser ke akhir daftar jenis pencarian Google dan pilih Alat Penelusuran.

Lalu pilih Sembarang waktu untuk membuka menu tarik-turun yang bisa membantu kita mempersempit hasil pencarian ke 1 jam, 24 jam, seminggu, sebulan, atau setahun terakhir. Pengguna desktop bisa memilih Rentang tertentu… untuk memasukkan tanggal tertentu.

Pakai Pencarian Gambar

Kita bisa melakukan pencarian menggunakan gambar dengan Google. Fitur ini memungkinkan kita untuk mengunggah file gambar dan mendapatkan informasi tentang gambar itu. Misalnya kalau kita mengunggah gambar Monas, Google akan mengenalinya dan memberikan informasi tentang Monas.

Fitur ini juga berfungsi dengan wajah, dan bisa mengarahkan kita ke situs web tempat gambar itu muncul, mengidentifikasi karya seni, atau menunjukkan gambar yang “mirip secara visual”.

Buka Google lalu pilih Gambar, lalu kita cukup menyeret dan lepas gambar yang mau dicari ke kotak pencarian. Bisa juga mengklik ikon kamera untuk mengunggah gambar atau memasukkan URL gambar.

Konversi Satuan

Google juga bisa bantu kita mengonversi apa saja. Misalnya kalau mau tahu berapa 38 derajat C dalam Fahrenheit, 10 ons dalam gram, atau bahkan 25,7 milimeter dalam tahun cahaya. Google bakal memberikan jawabannya dan menyediakan kalkulator konversi interaktif untuk konversi lebih lanjut.

Selain itu, kita bisa mendapatkan nilai tukar mata uang terkini tanpa perlu tahu simbol mata uang resminya (Rp, $, €, dll.) atau kode ISO (IDR, USD, GBP, dll.). Misalnya, pencarian untuk 48 dolar di Indonesia menghasilkan jawaban (per 22 Maret 2022) 48 Dolar Amerika Serkat sama dengan 688.910,40 Rupiah Indonesia.

Nah, itu dia beberapa tips supaya hasil pencarian kita lebih akurat dan sesuai keinginan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.


Ingin tahu informasi menarik lainnya?

Dapatkan update artikel-artikel kami tentang kecantikan langsung ke email Anda.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>