April 19

Jenis Sayuran yang Mudah Dirawat dan Cepat Panen, Cocok Buat Bercocok Tanam di Rumah

Karena punya lebih banyak waktu di rumah, saya jadi suka melakukan kegiatan-kegiatan yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan untuk dilakukan. Salah satunya yang rencananya akan saya lakukan adalah bercocok tanam.

Kenapa bercocok tanam? Karena kegiatan ini multi-fungsi, bukan hanya untuk mengisi waktu luang tapi juga banyak manfaat lain. Saya bisa membantu lingkungan jadi lebih hijau, menambah persediaan bahan makanan di rumah, juga menyehatkan badan dan pikiran.

Nah supaya lebih semangat untuk mulai mencoba bercocok tanam, saya mulai meriset sayuran apa saja yang perawatannya gampang dan bisa cepat panen. Karena kalau hasilnya bagus dan cepat kelihatan, pasti akan memotivasi saya untuk melakukannya lagi, bahkan mencoba jenis-jenis sayuran lain yang lebih sulit perawatannya.

Cabai

Cabai
Credit: Adobe Stock Photo

Sebagai salah seorang penyuka makanan pedas, tanaman cabai sudah pasti termasuk yang paling awal akan saya coba tanam. Apalagi harga cabai yang kadang naik tinggi, pastinya sangat membantu menghemat anggaran rumah tangga kalau berhasil panen cabai sendiri.

Untuk menanam cabai, kita hanya perlu menabur biji-biji cabai kering di tanah yang sudah dikhususkan untuk bercocok tanam. Siram secara rutin. Biasanya tanaman cabai bisa dipanen hanya dalam waktu kira-kira 2 sampai 4 bulan setelah ditanam.

Bayam

Bayam
Credit: Wirestock, Inc. / Alamy Stock Photo

Saya juga suka makan sayur bayam, karena kandungan gizinya yang bagus untuk kesehatan. Cara menanamnya gampang, cukup tebar biji-biji bayam dalam tanah yang sudah disiapkan untuk bercocok tanam. Siram secara rutin.

Masa tanam yang baik untuk tanaman bayam adalah sewaktu musim hujan, supaya bayam mendapat asupan air yang cukup. Dalam waktu hanya kira-kira 4 sampai 5 minggu kita sudah bisa memanen daun bayam segar langsung dari kebun kita sendiri.

Daun Bawang

Daun Bawang
Credit: Rawpixel

Daun bawang adalah bahan sayuran serba guna, yang menambah sedap masakan kita. Daun bawang bisa tumbuh pada iklim apapun. Dan sangat cocok buat kita yang hanya punya lahan kecil atau hanya bisa ditanam di pot-pot dekat jendela untuk mendapat sinar matahari.

Tanaman ini tidak ditanam dengan biji, tapi dengan umbi. Caranya yaitu kita potong bagian atas daun bawang yang warnanya hijau, sisakan bagian bawah yang warnanya putih sampai ke akarnya. Tanam bagian bawah daun bawang itu.

Biasanya tunas baru akan muncul dalam waktu 2 hari. Dan dalam waktu kira-kira 2 sampai 3 minggu kita sudah bisa mulai panen daun bawang.

Selada

Selada
Credit: outsideclick /Shutterstock

Daun selada segar bisa dibilang salah satu sayuran wajib yang ada di piring lalapan. Selada termasuk tanaman yang paling gampang ditanam. Tanaman selada suka dengan tanah yang lembap.

Berhati-hatilah saat menyiram selada karena memiliki daun yang rapuh. Kalau perlu siram menggunakan semprotan atau sprayer. Dalam waktu kurang lebih 2 hingga 3 bulan kita sudah bisa memanen daun selada segar.

Sawi Hijau

Sawi Hijau
Credit: wissanustock/Shutterstock

Sawi hijau bukan hanya gampang untuk dimasak, tapi juga gampang untuk ditanam dan dipanen karena punya waktu panen yang singkat. Paling lama sawi butuh waktu 70 hari dan paling pendek 40 hari untuk dipanen.

Tanaman sawi hijau juga cukup mudah untuk bertumbuh, cukup pastikan saja asupan airnya mencukupi. Dan pastikan tanamannya mendapat sinar matahari yang cukup supaya pertumbuhannya maksimal.

Buncis

Buncis
Credit: Mathia Coco/Shutterstock

Buncis juga gampang untuk ditanam dan masa panennya cukup singkat. Buncis bisa ditanam di tingkat ketinggian manapun, berarti tidak soal kita tinggal dimana kita tetap bisa bercocok tanam buncis.

Ada dua jenis buncis, yaitu jenis buncis tegak dan buncis merambat. Untuk jenis yang tegak, buncsi bisa dipanen dalam waktu kira-kira 45 hari setelah ditanam. Untuk jenis yang merambat, buncis bisa dipanen kira-kira 60 hari setelah ditanam.

Bawang Merah & Bawang Putih

Bawang
Credit: gunsan gimbanjang/Shutterstock

Bawang merah dan bawang putih adalah bumbu masak wajib di dapur rumah saya. Jadi akan sangat terbantu kalau bisa bercocok tanam dua jenis bawang ini.

Cara menanamnya cukup mudah, sediakan saja pot kecil diisi tanah secukupnya, lalu tanam beberapa potong bagian bawah bawang yang masih ada akarnya. Siram secara rutin dengan air secukupnya. Bawang merah dan bawang putih hanya butuh waktu beberapa hari untuk bisa dipanen.

Nah itu dia beberapa jenis sayuran yang gampang untuk ditanam dan cepat untuk dipanen. Sangat cocok buat para pemula seperti saya yang baru ingin mencoba bercocok tanam di rumah dengan lahan dan bahan seadanya. Semoga berhasil.


Ingin tahu informasi menarik lainnya?

Dapatkan update artikel-artikel kami tentang kecantikan langsung ke email Anda.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>