April 13

Memulai Digital Painting, Peralatan Apa Saja yang Dibutuhkan?

Masalah terbesar yang muncul waktu ingin beralih ke digital painting adalah menyiapkan dan memilih perangkat. Di sini saya akan berbagi tips apa saja hal-hal utama yang perlu disiapkan untuk digital painting.

Kalau baru punya keinginan untuk memulai digital painting, bisa jadi terbesit dalam pikiran hal-hal seperti:

“Apa saya bisa menggambar pakai komputer yang saya punya sekarang?”

“Software untuk menggambar digital sepertinya mahal.”

Tidak usah terlalu khawatir, bawa santai saja. Cobalah penuhi kebutuhannya satu demi satu, dan tidak perlu mencari yang mahal-mahal. Pilih lah yang sesuai kebutuhan saja. Dan kalau kita sudah punya komputer atau peralatan lainnya, masih berfunsi dengan baik, tidak perlu membeli yang baru.

Komputer

Kalau sudah punya komputer, sebaiknya pakai itu daripada beli yang baru. Bisa juga pakai laptop untuk menggambar digital kalau laptop itu punya spesifikasi yang cukup baik. Tapi kalau kelihatannya laptop jadi lambat atau macet, mungkin harus ditambahkan memori atau diganti yang baru.

Dari segi memori, meskipun kita bisa menggambar hanya dengan memori 4 GB, tapi disarankan menggunakan 8 GB atau lebih supaya perangkatnya berjalan lebih lancar. Banyak yang merekomendasikan komputer Mac untuk menggambar, tapi kita bisa menggambar tanpa masalah di perangkat Windows juga.

Kita juga punya pilihan untuk menggambar di smartphone atau tablet menggunakan stylus. Tapi pilihan ini cenderung terbatas secara teknologis, sehingga mungkin membatasi keterampilan kita.

Pastikan untuk memilih perangkat yang memenuhi kebutuhan menggambar kita, termasuk seberapa serius kita ingin menekuni digital art.

Bisa pakai laptop, bisa juga pakai komputer desktop

Software untuk Menggambar

Digital painting maksudnya adalah gambar atau lukisan yang digambar menggunakan program atau aplikasi menggambar. Ada berbagai jenis software, mulai dari yang gratis (freeware) sampai program dan aplikasi profesional yang berbayar.

Software yang mahal punya fitur-fitur canggih, tapi tidak berarti lebih mudah bagi kita untuk menggambar. Yang terbaik adalah mendapatkan pengalaman langsung dulu. Sebagian besar software berbayar memiliki fitur uji coba gratis (free trial), jadi kita bisa memilih apakah akan membelinya atau tidak setelah mencobanya dulu. Pertimbangkan juga budget kita.

Nama-nama software yang terkenal:

Adobe Photoshop: Software grafis yang terkenal di dunia. Dengan sejarah panjangnya dan fitur-fitur canggihnya, software ini sudah menarik banyak desainer profesional. Seringnya disebut Photoshop saja.

Clip Studio Paint: Software canggih untuk komik dan ilustrasi. Software ini populer di kalangan seniman profesional, terutama seniman komik. Kadang disingkat menjadi ‘Clip Studio’ atau ‘CSP’.

Paint Tool Sai: Software menggambar yang intuitif dan sederhana. Software ini punya lebih sedikit fitur, tapi bisa dijalankan dengan lancar bahkan dengan spesifikasi komputer/laptop yang rendah.

Software adalah alat penting untuk menggambar. Kita harus memilih software sesuai dengan apa yang ingin digambar, apakah itu ilustrasi, komik, portrait, seni bergaya anime, lukisan bergaya cat air, landscape, atau karakter.

Pen Tablet

Wacom punya berbagai macam pen tablet dalam berbagai ukuran dan spesifikasi. Tapi kalau kita masih pemula, pilihan yang ramah budget dengan harga di bawah 1 juta rupiah adalah Wacom One small CTL-472. Memang ukurannya kecil 210 x 146 mm.

Jika mampu beli yang agak lebih mahal, ada pilihan Wacom One Medium CTL-672 dengan ukuran sedang 277 x 189 mm. Selain itu, produk ini dilengkapi dengan lisensi Clip Studio Paint selama jangka waktu terbatas, sehingga ideal untuk kita yang belum punya software menggambar.

Apapun merek dan jenis pen tablet yang ingin dipilih, jangan lupa untuk menguji dulu apakah nyaman menggunakannya untuk menggambar. Harus diingat bahwa ujung dari pen seirign waktu akan memendek, jadi butuh diganti setelah beberapa waktu.

Credit: VARAN NM/Pexels

Monitor

Tidak usah beli monitor yang baru kalau yang sekarang kita punya sudah cukup nyaman untuk kegiatan menggambar digital. Tapi kalau berencana beli monitor yang baru, sebaiknya pilih yang ukurannya besar karena akan mengurangi rasa lelah pada mata. Ukuran idealnya 20 inch atau lebih.

Yang Lain-Lain

Walaupun bukan barang-barang wajib, tapi kalau ingin menggambar sketsa terlebih dulu di atas kertas, maka kita butuh alat scanner. Kita bisa mengubah sketsa menjadi data digital, membukanya dengan software, lalu mewarnainya secara digital. Kita juga bisa memasukkan tekstur/warna yang kita gambar sendiri secara manual dan menggunakannya sebagai bahan ilustrasi.

Dan kalau ingin mencetak gambar/ilustrasi digital yang sudah kita buat, kita butuh printer. Kalau mouse atau keyboard yang saat ini dipakai masih bagus, tidak usah beli yang baru.

Memang saat memulai digital painting ada sejumlah peralatan yang harus kita siapkan, dan beberapa harganya sedikit mahal. Tapi beda dengan menggambar secara manual atau tradisional, peralatan yang kita pakai untuk menggambar itu bisa habis dan harus membelinya lagi berulang kali.

Sedangkan peralatan digital painting tidak akan habis, sehingga jatuhnya biayanya jadi lebih murah karena bisa dipakai jangka panjang. Memang kadang perlu diganti jika ada peralatan yang rusak, tapi itu jauh lebih jarang daripada mengganti pensil, kuas, atau peralatan menggambar tradisional lainnya.

Tidak harus memulai dengan komputer berspesifikasi tinggi atau peralatan yang canggih. Sebaiknya mulai dulu dengan komputer yang spesifikasinya mencukupi dan peralatan yang sesuai kebutuhan kita, karena kita bisa secara bertahap beralih ke perangkat yang lebih sesuai saat kita membutuhkannya nanti.

Seiring waktu kita akan memahami apa yang kita butuhkan untuk menggambar ilustrasi digital dengan labih baik, misalnya pen tablet yang lebih peka terhadap tekanan atau monitor yang tidak terlalu glossy.


Ingin tahu informasi menarik lainnya?

Dapatkan update artikel-artikel kami tentang kecantikan langsung ke email Anda.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>