Maret 28

Belanja Online, Nyaman dan Aman

Di masa pandemi yang sudah lebih dari 2 tahun ini, banyak orang beralih ke belanja online. Saya sendiri suka belanja online, jauh sebelum pandemi juga sudah sering beli-beli online. Apalagi setelah pandemi jadi lebih sering lagi.

Kalau dulu biasanya cuman beli alat elektronik, baju, tas, sepatu, atau barang-barang lain yang susah beli langsung di toko. Tapi sekarang sudah bukan beli lagi, tapi sudah termasuk ‘belanja’. Artinya saya belanja kebutuhan rumah tangga pun lebih banyak secara online.

Alasannya karena cari barang online gampang sekali, lebih gampang dari cari barang secara langsung di toko. Bahkan barang yang jarang dijual di toko pun bisa ketemu kalau belanja online, bahkan barang dari luar negeri. Harganya juga rata-rata lebih murah daripada beli di toko atau di swalayan.

Kecuali buah, sayur, daging, dan bahan lauk-pauk lain, yang kebanyakan masih lebih murah beli di pasar atau tukang sayur. Tapi kadang kalau ada promo juga harganya bisa lebih murah beli online.

Sayangnya ada banyak penjual online yang suka tipu-tipu. Mereka jual barang palsu, barang rusak, atau trik tipu-tipu lainnya. Nah kali ini saya mau berbagi tips-tips supaya belanja online jadi pengalaman yang menyenangkan, nyaman, sekaligus aman, melindungi kita dari penjual online yang nakal.

Pastikan Belanja di Toko Online yang Bisa Dipercaya

Ini adalah langkah penting pertama yang harus dilakukan. Sebaiknya belanja di e-commerce, karena kita bisa cek reputasi toko online, rating pembeli, ulasan pembeli, dan bisa mengajukan komplain kalau barang yang dibeli bermasalah. Metode pembayarannya juga aman dan terjamin.

Lalu setelah mencari dan mendapat barang yang diinginkan di e-commerce, coba cek dulu toko yang jual barang itu. Coba lihat apakah toko itu bisa dipercaya. Misalnya kalau belanja di Shopee, ada peringkat yang disebut penjual star dan penjual shopee mall. Penjual star (star seller) berarti toko itu aktif dan memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan baik dan maksimal. Jadi toko itu bisa lebih dipercaya.

Kalau penjual shopee mall (shopee mall seller), berarti toko itu sudah mendapat status tertinggi yang bisa diperoleh penjual di Shopee. Sebelumnya toko itu sudah lebih dulu menjadi penjual star. Barang-barang yang dijual penjual shopee mall lebih terjamin original.

Tapi bukan berarti toko-toko biasa yang belum mendapat peringkat apapun tidak bisa dipercaya. Kadang barang yang kita inginkan dijual oleh penjual biasa. Nah coba perhatikan tips-tips berikutnya.

Periksa Review (Testimoni) dan Deskripsi Produk

Ini langkah selanjutnya yang harus jangan lupa. Coba baca teliti deskripsi produk, misalnya jenis, ukuran, kapasitas, warna, rasa, tanggal kedaluwarsa, ketentuan pengiriman, dsb.

Jangan hanya mengandalkan judul produk dan gambar atau foto yang diberikan penjual. Karena bisa jadi gambar/foto itu tidak sesuai dengan deskripsi yang diberikan. Saya sering lihat judul dan gambar produk yang tidak sesuai dengan deskripsinya.

Lalu jangan lupa juga baca review atau ulasan (testimoni) yang ditinggalkan oleh pembeli-pembeli produk itu. Lihat dan baca ulasan-ulasan dengan hati-hati. Cari ulasan yang bisa dipercaya, misalnya yang kasih bukti foto atau video.

Sebaiknya jangan hanya baca ulasan-ulasan teratas, baca juga yang ada di bawah atau di halaman selanjutnya. Saya pernah hanya baca ulasan-ulasan bagus yang teratas, tapi setelah membeli malah kecewa sama barangnya. Ternyata setelah dicermati, ada banyak ulasan di bawahnya yang memang kasih tahu kalau barangnya kurang bagus. Jadi jangan malas baca supaya tidak terkecoh!

Nah, bagaimana kalau di toko itu sama sekali belum ada ulasan? Lebih baik cari toko lain yang sudah punya ulasan-ulasan dalam jumlah yang cukup bisa dipercaya.

Cari Tahu Syarat dan Ketentuan di Toko Online Itu

Banyak yang tidak tahu poin penting ini. Padahal ini penting untuk mengantisipasi situasi tidak terduga yang bisa terjadi. Contohnya, bagaimana kebijakan toko saat barang yang diterima cacat, tidak sesuai, atau rusak? Apakah ada syarat dan ketentuan tertentu supaya bisa mengajukan pengembalian dana atau penukaran barang? Ini biasanya sangat penting kalau kita membeli barang elektronik atau barang yang harganya mahal.

Saya pernah mengalami menerima barang yang rusak. Jadi saya bisa ajukan komplain ke toko itu sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, lalu tinggal ikuti saja langkah-langkahnya. Hasilnya dana saya pun kembali.

Biasanya syarat dan ketentuannya tidak rumit. Toko hanya minta barang bukti video unboxing, juga video dan foto yang menunjukkan kalau barang itu bermasalah.

Hati-Hati Jangan Tergiur Harga Super Murah

Promo potongan harga yang kurang masuk akal sudah bukan rahasia lagi di toko-toko online. Banyak orang langsung tergiur dan terjebak dengan modus penipuan akibat harga super murah.

Kita harus langsung curiga kalau suatu produk dibanderol dengan harga yang terlalu murah, sedangkan toko-toko online lain menjual dengan kisaran harga yang jauh di atas toko itu. Ada kemungkinan yang dijualnya adalah barang palsu atau KW. Jadi coba lakukan perbandingan harga dulu dengan toko-toko online lain.

Itu dia beberapa tips yang sudah saya terapkan selama pengalaman saya bertahun-tahun belanja online. Sejauh ini saya masih nyaman dan aman beli-beli barang di toko-toko online. Memang ada pengalaman tidak enak, tapi itu hanya sedikit dan tidak sebanding sama kemudahan dan keuntungan yang saya rasakan. Malah pola pikir saya sekarang sudah diatur menjadi ‘beli online itu pilihan pertama, kalau tidak bisa, baru deh cari langsung di toko fisik.’


Ingin tahu informasi menarik lainnya?

Dapatkan update artikel-artikel kami tentang kecantikan langsung ke email Anda.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>