Maret 29

Resep Martabak Manis Teflon, Enak, Gampang, dan Anti Gagal

Martabak manis, jajanan legendaris orang Indonesia. Sepertinya di setiap pinggir jalan raya ada saja yang jualan martabak. Bahkan setiap beberapa ratus meter ada yang jualan. Kini makin banyak varian rasa martabak, yang kekinian. Tapi tetap saja varian paling favorit banyak orang sepertinya jatuh pada martabak manis cokelat kacang.

Kalau saya paling suka martabak manis original atau kosong, alias tanpa topping. Karena bagi saya kalau ditambah topping macam-macam, apalagi yang manis, justru rasanya jadi terlalu manis dan makan satu potong saja sudah enek. Tapi kalau martabak manis original, saya bisa habiskan beberapa potong sekaligus.

Sebagai seorang penggemar martabak, pasti dong pernah kepikiran buat bikin sendiri di rumah. Makanya saya googling di internet resep martabak manis. Ternyata gampang cara buatnya, jadi makin kepingin coba bikin sendiri.

Biasanya saya lihat martabak manis yang dijual di pinggir jalan dibikinnya pakai loyang martabak khusus. Tapi sebenarnya martabak manis bisa dibikit hanya pakai teflon. Ini kabar baik buat saya yang tidak punya loyang martabak, tapi punya teflon. Jadi saya bisa bikin sendiri martabak manis di rumah kapanpun saya mau.

Ini dia resep martabak manis teflon yang sangat gampang, tidak butuh bahan yang aneh-aneh, dan pasti hasilnya enak. Saya suka martabak manis tanpa topping jadi bahan-bahannya makin sederhana lagi.

Bahan-Bahan untuk Martabak Manis Teflon

Siapkan bahan-bahan ini untuk adonan martabak:

  • Telur, 2 butir
  • Gula pasir, 2 sendok makan
  • Susu cair, 150 ml
  • Tepung terigu protein sedang (serbaguna), 150 gram
  • Ragi instan, ½ sendok teh
  • Baking powder, 2 sendok teh
  • Garam, ¼ sendok teh
  • Margarin, 1 sendok makan dan dilelehkan
  • Soda kue, 1 sendok teh

Siapkan bahan-bahan ini untuk olesan dan taburan di atas martabak:

  • Gula pasir untuk taburan, secukupnya atau sesuai selera
  • Margain untuk olesan, secukupnya atau sesuai selera

Langkah-Langkah Membuat Martabak Manis Teflon

Kalau sudah siapkan semua bahan-bahan di atas, ikuti langkah-langkah membuat martabak manis teflon ini:

  1. Kocok telur dan gula sampai mengental dan mengembang.
  2. Tuangkan susu cair dan kocok lagi dengan kecepatan rendah.
  3. Tambahkan tepung terigu, ragi instan, baking powder, dan garam. Kocok pakai mixer dengan kecepatan rendah sampai merata.
  4. Tambahkan margarin, aduk sampai rata.
  5. Diamkan adonan selama kurang-lebih 1 jam atau sampai mengembang.
  6. Panaskan teflon, oleskan tipis dengan minyak (gunakan tisu) atau margarin. Atur api kompornya kecil.
  7. Tuangkan adonan, ratakan, dan biarkan sampai kelihatan berbusa (muncul lubang-lubang) dan sedikit mengembang.
  8. Taburkan gula pasir ke atas permukaan martabak.
  9. Tutup teflon dan terus masak dengan api kecil sampai martabak matang, lalu angkat.
  10. Setelah diangkat, oleskan martabak dengan margarin selagi panas, lalu lipat dan oleskan lagi margarin di atas kulit martabak. Potong-potong seperlunya.

Kalau mau tambahkan topping, gampang, tinggal taburkan atau oleskan topping-nya selagi martabak belum dilipat dan setelah dioleskan margarin. Misalnya meses, keju parut, selai stroberi, selai nanas, kacang tumbuk, susu kental manis, dan lain sebagainya.

Atau kalau mau yang kekinian, bisa tambahkan irisan buah segar seperti pisang, apel, stroberi, atau anggur. Supaya lebih kekinian lagi, boleh juga oleskan krim untuk kue, misalnya rasa mocca, kopi, cokelat, atau pandan.

Kalau sudah puas dikasih topping sesuai selera, lipat martabak, oleskan margarin di atas kulit martabak, dan potong-potong. Jadilah martabak manis teflon yang siap menemani hari ini. Paling enak dimakan selagi masih panas, ditemani minum teh atau kopi pahit, karena rasa martabaknya yang sudah manis. Apalagi kalau dimakan pas lagi hujan, pasti lebih nikmat lagi.


Ingin tahu informasi menarik lainnya?

Dapatkan update artikel-artikel kami tentang kecantikan langsung ke email Anda.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>