April 5

Jalan-Jalan Keliling Dunia Lewat Virtual Tour di Youtube

Sudah lewat dua tahun kita berada dalam era pandemi. Sampai sekarang juga belum jelas kapan berakhirnya, semoga bisa cepat usai. Gara-gara pandemi ini jalan-jalan jadi susah dan repot, apalagi kalau jarak jauh sampai ke luar pulau atau bahkan luar negeri. Memang sekarang kelihatannya keadaan sudah lebih baik, pemerintah juga sudah melonggarkan aturan perjalanan dan wisata.

Tapi tetap saja ada kekhawatiran tertular virus dan mengalami sakit serius, khususnya bagi mereka yang sudah lansia, punya penyakit kormobid, atau yang belum vaksin. Kekhawatiran itu jadi halangan untuk jalan-jalan ke tempat jauh. Tapi bagaimana kalau keinginan jalan-jalan sudah tidak bisa dibendung lagi?

Sebenarnya kita masih bisa pergi ke manapun kita mau, tak terkecuali ke luar negeri sekalipun, tapi secara virtual. Saya sendiri suka menikmati wisata virtual ini, bisa sedikit memuaskan rasa ingin tahu tentang tempat-tempat di luar negeri yang kemungkinannya kecil saya datangi. Selain itu saya juga beberapa kali menonton wisata virtual lewat YouTube saat sedang susah tidur malam, karena vibes nya yang bikin tenang jadi cepat bikin mengantuk.

Nah ini dia beberapa kanal YouTube yang menyediakan video-video virtual walking tour, yang memungkinkan kita untuk wisata keliling dunia hanya bermodalkan smartphone atau tablet saja.

4K Urban Life

Ini adalah kanal YouTube yang dibuat dengan tujuan untuk menampilkan kehidupan di kota-kota besar dan metropolitan di seluruh dunia. Dari rumah kita sendiri, kita bisa menyicipi suasana kota-kota besar itu, termasuk di Indonesia, Belanda, Kanada, Latvia, Ukraina, dan negara-negara lainnya.

Pengalaman tur jalan kaki virtual ini semakin terasa nyata karena semua videonya punya resolusi 4K, jadi kualitas gambarnya sangat detail dan seperti aslinya.

Seoul Walker

Di deskripsi bagian about dari kanal YouTube ini ditulis kalau Seoul Walker adalah kanal YouTube virtual walking tour nomor satu di Korea Selatan. Kanal ini milik seorang pria yang namanya Nathan. Di kanal ini, kita bisa merasakan seolah-olah sedang berjalan-jalan di kota-kota Korea Selatan, termasuk Seoul, dan juga sangat berguna bagi yang berencana ingin bepergian ke Korea Selatan.

Melalui kanal Seoul Walker, kita bisa melihat berbagai video tentang Korea Selatan yang mungkin belum pernah kita lihat sebelumnya, seperti suasana kota di pagi, siang, malam, dan saat sedang hujan.

Ini salah satu contoh video tur jalan kaki virtual di Bukchon, Seoul saat sedang musim salju: https://www.youtube.com/watch?v=YH7WYbD2uiU

Watched Walker

Kanal ini cocok kalau kita lagi mau merasakan jalan-jalan ke kota-kota di Eropa, khususnya London. Pemilik kanal ini membuat video yang menjelajahi London dan kota-kota populer lainnya di seputar dunia untuk membuat kita seolah-olah berada di sana secara langsung, dimana kita bisa melihat pemandangan dan mendengar suaranya.

Tujuan dari kanal ini adalah untuk mendokumentasikan kota-kota untuk tujuan artistik/sejara, dengan harapan generasi sekarang dan masa depan menggunakan video ini sebagai sumber daya yang berharga.

City Walks

Kanal ini menyediakan video-video tur jalan kaki virtual yang serasa ditemani pemandu wisata. Karena pemilik kanal City Walks, yaitu Henry, akan memberikan penjelasan tentang lokasi-lokasi yang dikunjunginya kepada kita sebagai penonton. Ini cocok bagi kita yang tidak hanya ingin menikmati suasana jalan-jalan, tapi juga ingin lebih memahami tempat-tempat wisata yang sedang dikunjungi.

City Walks mengajak kita jalan-jalan bersama ke berbagai tempat di seluruh dunia, seperti Tallinn di Estonia, Edinburgh di Inggris, Notre Dame di Prancis, dan lain-lain. Bukan hanya kota-kota, kanal ini juga mengajak kita berkeliling ke tempat-tempat alam.

Itu dia beberapa kanal YouTube untuk menikmati pengalaman tur keliling dunia meski hanya di rumah saja. Jangan sedih kalau tidak bisa jalan-jalan ke tempat jauh, entah karena masih takut dengan virus atau karena memang tidak punya budget. Kita tetap bisa seolah-olah berada langsung di tempatnya, apalagi kalau videonya punya resolusi 4K.

Selain menikmati wisata secara virtual, video-video virtual waking tour seperti ini juga biasanya punya suasana yang menenangkan. Jadi bisa juga dimanfaatkan sebagai video penarik rasa kantuk bagi yang sedang susah tidur malam.


Ingin tahu informasi menarik lainnya?

Dapatkan update artikel-artikel kami tentang kecantikan langsung ke email Anda.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>