April 6

Potong Rambut Sendiri di Rumah, Bermodalkan Gunting dan Karet

Dua tahun lebih pandemi bikin saya mencoba hal-hal baru karena banyak waktu di rumah. Salah satunya adalah potong rambut sendiri. Lumayan jadi tidak usah ke salon, mengurangi paparan virus dan menghemat dana juga.

Memang hasilnya tidak mungkin sebagus hasil potongan di salon, yang memang mereka sudah ahlinya. Tapi buat saya cukuplah untuk merapikan rambut. Kali ini saya mau berbagi beberapa tips potong rambut sendiri di rumah dengan peralatan yang seadanya, cuma butuh gunting rambut dan karet ikat rambut.

Siapkan Gunting Rambut

Kebetulan saya sudah punya gunting rambut di rumah, jadi tidak usah cari lagi di toko. Tapi kalau mau beli juga ada banyak pilihannya di toko online, harganya bervariasi mulai dari yang puluhan ribu sampai ratusan ribu, tergantung kualitasnya. Kalau bisa pakai gunting kecil yang panjang bilah guntingnya (bukan panjang keseluruhan) sekitar 5 – 7,5 cm. Makin pendek, makin gampang juga kita kendalikan potongannya.

Basahi Rambut

Kalau diperhatikan saat potong rambut di salon, biasanya rambut kita dibasahi dulu sebelum dipotong. Tujuannya supaya hasil potongannya jadi lebih simetris dan rapi. Tapi sepertinya cara ini kurang cocok buat yang punya rambut keriting, karena rambut keriting yang dibasahi akan tampak lebih panjang, jadi lebih susah untuk lihat model rambut yang sebenarnya.

Ikat Rambut Jadi Dua

Ikat rambut jadi dua pakai karet. Belah rambut tepat di bagian tengah, pastikan kedua sisinya seimbang dan sama banyaknya. Atur juga letak ikatannya, sesuaikan dengan seberapa pendek kita mau potong rambutnya. Misalnya kalau mau potong sampai sebahu, atur ikatannya juga sebahu. Jangan lupa juga untuk ikat rambut di depan cermin supaya sama rata ikatan rambut kanan dan kirinya.

Potong di Bawah Ikatan Karet

Pastikan gunting rambutnya tajam, lalu gunting persis di bawah ikatan karet. Pastikan posisi guntingnya rata horizontal supaya hasil potongannya juga rapi. Kalau gunting rambutnya kurang tajam, sebaiknya asah dulu sampai benar-benar tajam. Karena kalau dipaksakan pakai gunting yang kurang tajam, hasil potongannya malah tidak rata.

Periksa Hasil Potongannya

Sekarang lepaskan ikatannya dan cek hasil potongannya, apakah sudah rapi atau belum. Caranya satukan rambut bagian belakang dan lihat potongannya. Kalau belum rapi, bisa dirapikan lagi dengan digunting dan ratakan. Kalau susah untuk rapikan sendiri, bisa minta tolong orang serumah untuk bantu cek dan rapikan.

Cara Potong Poni

Setelah potong rambut secara keseluruhan, mungkin kita ingin potong poninya juga. Lakukan cara ini supaya hasil potongan poni jadi kelihatan berlapis atau ber-layer. Ambil bagian rambut depan yang mau dijadikan poni, satukan, sisir rapi, dan angkat ke atas. Lebihkan sekitar 2 cm untuk digunting.

Supaya bisa lebih membayangkan bagaimana cara potong rambut sendiri, cobalah tonton video berikut ini:

Kalau masih ragu-ragu, takut salah potong dan hasilnya jadi jelek, sebaiknya minta tolong orang serumah untuk bantu potong rambut.

Kalaupun sampai salah potong, misalnya rambut jadi terlalu pendek daripada yang diinginkan, tenang saja. Ada banyak cara untuk mengakalinya. Misalnya dengan pakai bando atau topi untuk menutupi hasil potongan poni yang gagal. Atau ikat saja rambutnya.

Tapi jangan buru-buru menyesal. Coba dulu lihat seminggu. Memang biasanya rambut yang baru dipotong akan tampak aneh, karena kita belum terbiasa melihat model rambut yang baru. Biasanya bentuk potongan rambut akan semakin terlihat setelah seminggu, tiga kali keramas. Kalau memang tampak aneh, mungkin sebaiknya ke salon untuk memperbaikinya.


Ingin tahu informasi menarik lainnya?

Dapatkan update artikel-artikel kami tentang kecantikan langsung ke email Anda.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>