Maret 23

Makanan dan Minuman Favorit

Indonesia punya banyak makanan khas, mulai dari yang rasanya manis, asin, asam, gurih, pedas, dan lain sebagainya. Bahkan setiap daerah juga punya kulinernya sendiri yang unik. Nah kali ini saya mau berbagi makanan-makanan favorit, dan juga diselipkan dua minuman favorit.

Tempe Orek

Tempe orek adalah masakan tradisional yang gampang dibuat di rumah. Masakan rumahan ini punya cita rasa yang gurih, manis, dan bisa juga pedas. Bukan hanya gampang dibuat, bahan membuatnya juga gampang ditemukan. Cukup siapkan tempe, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai merah, cabai hijau, kecap, gula, dan garam secukupnya.

Tempe Orek (Credit: Scott Biales DitchTheMap/Shutterstock)

Sayur Asem

Sayur asem punya banyak versi. Yang paling populer mungkin adalah sayur asem Sunda, yang sering dibilang sayur asem bening karena kuahnya cenderung bening. Salah satu ciri khas sayur asem Sunda adalah dicampur kacang tanah kupas. Sayur asem ini juga yang jadi favorit saya, mungkin karena saya tinggal di daerah Sunda.

Sayur Asem (Credit: Amallia Eka/Shutterstock)

Ketoprak

Ketoprak adalah salah satu kuliner khas jajanan pinggir jalan. Biasanya dijual pedagang kaki lima dengan gerobak dari pagi sampai siang hari, tapi ada juga yang berjualan malam-malam. Ketoprak berisi ketupat atau lontong, tahu goreng, bihun, toge, dan dilumuri saus kacang dan ditaburi kerupuk sebagai topping. Bisa juga ditambahkan telur rebus.

Ketoprak (Credit: Ariyani Tedjo/Shutterstock)

Gado-Gado

Gado-gado adalah salad khas Indonesia, yaitu sayur-sayuran yang sudah direbus lalu dicampur saus kacang, bukannya mayones. Jenis sayuran untuk gado-gado bisa disesuaikan dengan selera, tapi biasanya terdiri dari kangkung, kacang panjang, labu siam, pare, toge, timun, juga tahu dan tempe. Bisa juga ditambahkan telur rebus. Biasanya dimakan bersama lontong, tapi saya juga suka makan dengan nasi.

Gado-Gado (Credit: Odua Images/Shutterstock)

Mie Ayam

Mie ayam bisa dibilang makanan favorit sejuta umat. Mie ayam di Indonesia juga ada banyak macamnya, dan yang saya suka adalah mie ayam bangka, mie ayam jamur, dan mie ayam yamin. Mie ayam bangka punya ciri khas mie yang sangat kenyal dan ditambahkan toge untuk topping.

Mie ayam jamur, seperti namanya, ditambahkan jamur kancing sebagai topping-nya. Kalau mie ayam yamin punya ciri khas disajikan tanpa kuah, juga ditambahkan kecap yang lebih banyak supaya rasanya manis dan gurih.

Mie Ayam (Credit: Rudi Sujirno/Shutterstock)

Martabak Manis

Martabak manis juga sepertinya bisa dibilang makanan favorit sejuta umat, terutama di Indonesia. Martabak manis termasuk jenis kue dadar yang dibuat dari adonan tepung terigu berasa manis yang dipanggang, diberi topping, dan dilipat. Saya paling suka martabak manis polos tanpa topping, karena kalau pakai topping rasanya terlalu manis dan jadi eneg buat saya.

Martabak Manis (Credit: Rizvisual/Shutterstock)

Roti Sisir

Roti sisir memang roti jadul, tapi sampai sekarang tetap digemari banyak orang, termasuk saya. Ciri khasnya roti sisir punya tekstur yang lembut dan dilapisi dengan margarin juga gula. Warnanya biasanya kuning terang karena lapisan margarin, dan rasanya manis gurih. Cocok untuk teman minum kopi hitam pahit.

Roti Sisir (Credit: Ika Rahma H/Shutterstock)

Kopi

Minuman berkafein ini sekarang sudah jadi minuman kekinian, dengan banyak variasi rasa dan pengolahannya. Tapi saya tetap suka kopi hitam dan pahit, perpaduan arabika dan robusta. Kadang saya suka tambahkan susu kalau lagi bosan sama kopi hitam dan pahit.

Kopi (Credit: Wichy/Shutterstock)

Milk Tea

Milk tea juga beberapa tahun terakhir jadi semakin populer, khususnya milk tea yang ditambahkan bubble atau disebut bubble milk tea. Saya sendiri suka dengan milk tea biasa, cukup ditambahkan es batu saja.

Milk Tea (Credit: jreika/Shutterstock)

Kita juga bisa bikin sendiri milk tea, dengan cara campurkan air rebusan teh tubruk dengan susu kental manis. Campuran teh susu itu lalu dipindahkan ke gelas lain dengan cara diangkat tinggi-tinggi gelas yang ada isinya, baru dituangkan ke gelas kosong. Jadilah yang dinamakan teh tarik.

Itu dia makanan dan minuman favorit saya. Mungkin mereka jadi favorit saya karena sudah biasa dimakan atau diminum, bahkan sejak kecil.


Ingin tahu informasi menarik lainnya?

Dapatkan update artikel-artikel kami tentang kecantikan langsung ke email Anda.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>