April 11

Teknik Menyeduh Kopi yang Nikmat

Sebagai seorang penikmat kopi, kurang lengkap rasanya kalau melewatkan pagi tanpa minum secangkir kopi panas. Perlahan-lahan menyeruput kopi menikmati cita rasanya yang khas. Tapi ternyata menyeduh kopi itu tidak asal mencampurkan kopi dengan air panas.

Karena kalau diracik dengan benar, kopi akan lebih maksimal cita rasanya dan lebih puas untuk dinikmati. Kali ini akan dibahas salah satu teknik menyeduh kopi untuk mendapatkan rasa yang enak dengan takaran yang pas.

Tapi tentunya harus dimulai dengan memilih kopi. Sewaktu memilih-milih kopi yang akan dibeli, sebaiknya beli kopi dalam bentuk biji, lalu menggilingnya sendiri ketika mau menyeduhnya. Membeli kopi bubuk memang lebih praktis karena bisa langsung diseduh. Tapi sayangnya cita rasa dari kopi bubuk sudah berkurang. Jadi kalau mau cita rasa kopi yang kuat, disarankan beli yang masih dalam bentuk biji.

Kita bisa menggiling biji kopi dengan gampang memakai alat penggiling (grinder). Kalau lihat di toko online, ada banyak jenis alat penggiling kopi, mulai dari yang manual dengan tangan hingga yang elektrik pakai tenaga listrik.

Kemudian disarankan menyeduh kopi sesegera mungkin setelah membelinya, supaya mendapta cita rasa terbaik dari kopi tersebut.

Supaya cita rasa kopi lebih maksimal, gunakanlah air minum kemasan untuk menyeduhnya. Ini supaya tidak terjadi perubahan rasa pada kopi akibat kandungan air yang digunakan.

Perhatikan juga perbandingan jumlah air dan kopi, dianjurkan menggunakan 15 ml air untuk setiap 1 gram kopi (berlaku kelipatannya). Kalau pakai 1 gelas kecil (kira-kira 250 ml), jadi kopi yang diseduh sekitar 16-17 gram (sekitar 1 sendok makan lebih sedikit).

Tahap-Tahap Menyeduh Kopi

Pertama, masak dulu air minum kemasan di dalam panci. Untuk membuat secangkir kopi hitam, masak air sebanyak 2 cangkir.

Sebelum airnya mendidih, setel kompor dengan api sedang, lalu masukkan bubuk kopi ke dalam panci itu. Aduk secara perlahan sampai mendidih. Lalu matikan api.

Kalau mau menyaring ampas kopinya, taruhlah kertas saring di atas cangkir lalu tuangkan kopinya pelan-pelan. Supaya suhu kopi lebih tahan lama, bisa pakai cangkir yang berbahan keramik. Karena cangkir keramik cenderung menahan panas sehingga kopi tidak cepat dingin.

Kalau mau menambahkan gula, masukkan dulu gula ke dalam cangkir sebelum menuangkan kopi. Setelah ditambahkan gula, aduk kopi sampai gulanya larut. Tapi kalau lebih suka kopi hitam tanpa gula, tidak usah diaduk lagi begitu kopinya dituangkan ke cangkir.

Tips-Tips Menyeduh Kopi

Selain tahap-tahap seperti di atas, ada tips-tips lain untuk memaskimalkan cita rasa kopi kita.

Pertama berkaitan dengan alat-alat yang kita pakai untuk menyeduh kopi, perhatikanlah kebersihannya. Jangan sampai panci, sendok, atau cangkir yang kita pakai masih ada bekas minuman atau makanan lain, sehingga meninggalkan rasa yang mengganggu cita rasa kopi nantinya.

Ingat selalu takaran kopi dan air yang pas agar cita rasanya pas. Kalau airnya terlalu banyak, kopinya jadi encer dan tidak terlalu terasa. Sebaliknya kalau bubuk kopinya kebanyakan maka rasanya akan terlalu kuat.

Supaya cita rasa kopi lebih nikmat dan segar, pastikan untuk selalu menggunakan kopi yang baru digiling. Jangan gunakan kopi yang sudah berbulan-bulan disimpan. Untuk menjaga kesegaran rasa kopi, simpan biji kopi di wadah kedap udara.

Jika sudah menuangkan kopi ke dalam cangkir, segera nikmati kopi tersebut selagi masih panas. Jangan pernah panaskan ulang kopi. Kalau sudah terlanjur dingin, lebih baik untuk nikmati saja kopi itu. Karena rasa kopi yang sudah dingin masih jauh lebih baik daripada kopi yang dipanaskan ulang.


Ingin tahu informasi menarik lainnya?

Dapatkan update artikel-artikel kami tentang kecantikan langsung ke email Anda.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>